sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Kerja di Rumah Demi Cegah Corona, Tetap Enjoy & Kompak dengan Suami

Siti Hafadzoh Minggu, 05 Apr 2020 12:15 WIB
Salah satu upaya mencegah penularan Corona adalah bekerja di rumah. Sudah berjalan tiga minggu, pusing bagi waktunya ya, Bunda? Simak tips berikut yuk! caption
Jakarta - Penyebaran virus Corona yang semakin meluas, mengharuskan banyak orang untuk kerja di rumah. Ini salah satu bentuk dari menjaga jarak dengan orang lain.

Mengutip laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kita perlu mengurangi kontak antar warga alias social distancing, Bunda. Hal itu penting untuk mengurangi penularan virus Corona. Mengingat, virus ini dapat menyebar melalui kontak jarak dekat.


Nah, Bunda perlu menjaga jarak sekitar satu meter atau lebih dengan orang lain. Selain itu, kita juga dihimbau untuk tetap di rumah dan menghindari kegiatan yang dapat memungkinkan terpapar virus.


Makanya, beberapa kantor memberlakukan upaya pencegahan dengan bekerja dari rumah. Apakah Bunda juga termasuk karyawan yang harus bekerja dari rumah?

Sebagai seorang ibu, bekerja di rumah tentu bukan hal yang mudah ya, Bun. Ada berbagai kewajiban lain yang perlu Bunda lakukan, seperti mengurus anak, memasak, dan lain sebagainya.

Sudah berjalan tiga minggu kerja dari rumah, rasanya pusing sudah dua kali lipat. Baru mau pegang laptop, anak minta dibantu bikin tugas sekolah. Baru mau concall dengan atasan, ada lagi yang teriak lapar dan mau makan.

Wah kalau sudah begini, kadang-kadang hari sudah sore tapi kerjaan enggak kelar. Bisa mengganggu ritme pekerjaan, kalau tidak mengatur waktu dengan benar.

Nah, biar esok hari enggak terulang, berikut ada tips untuk Bunda yang kerja di rumah.

1. Mengatur jadwal

Dikutip dari The Balance Careers, manajemen waktu dimulai dari mengatur jadwal kegiatan. Jika memungkinkan, atur kapan Bunda mulai dan selesai bekerja. Setelah itu, buat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan dalam sehari.

2. Multitasking

Perempuan dapat melakukan berbagai tugas di rumah. Misalnya, bekerja sambil menyuapi anak makan.

Multitasking dapat memudahkan Bunda menyelesaikan berbagai kegiatan dalam sehari. Hal ini menjadi kunci penting dari keseimbangan antara bekerja dan mengurus anak, Bunda.

5 Tips Kerja di Rumah Demi Cegah Corona, Tetap Enjoy & Kompak dengan SuamiIlustrasi ibu bekerja/ Foto: iStock
3. Buat batasan

Menetapkan batasan dengan anak penting untuk dilakukan ketika Bunda sedang bekerja dari rumah. Terutama ketika anak masih berusia sekolah.

Bunda bisa memberi kesibukan kepada anak dengan permainan atau membuat karya seni. Manajer pengembangan karir, Brie Reynolds menyarankan agar Bunda memberi tahu kepada anak ketika sedang tidak bisa diganggu.

"Dia tahu kapan dia melihat tanda 'berhenti' yang artinya dia tidak boleh masuk (ruang kerja) kecuali ada hal besar terjadi. Lalu, jika ada tanda hijau 'boleh', dia bisa langsung masuk," ujarnya dikutip dari CNBC.

4. Istirahat

Meskipun dalam keadaan terdesak, jangan memaksakan diri bekerja tanpa istirahat ya, Bunda. Istirahat merupakan salah satu hal penting ketika bekerja.

Hampir 90 persen pekerja di Amerika mengatakan, istirahat makan siang membantu mereka merasa segar dan siap untuk kembali bekerja. Menurut Kratz, pendiri organisasi kepemimpinan untuk wanita, ketika bekerja di rumah, Bunda juga tetap butuh istirahat.

Luangkan waktu setidaknya 10 menit untuk mengambil makanan ringan, berjalan-jalan, atau menyapa anak-anak. Bunda juga bisa menghibur diri dan sedikit bersantai dengan musik dan perawatan diri ketika istirahat.


5. Bergantian tugas dengan pasangan

Ketika sama-sama harus bekerja di rumah, Bunda dan Ayah bisa bergantian dalam mengurus anak-anak. Ini akan membuatĀ pekerjaan kantor dan tugas rumah jauh lebih mudah.

"Saya harus bekerja pagi-pagi sekali, dan suami saya bangun bersama anak-anak dan membuat sarapan," kata Reynolds.

Setelah sang suami bangun, Reynold bergantian tugas, siapa yang akan mengurus rumah dan waktunya siapa untuk bekerja. Dengan begini, waktu kerja Bunda dan Ayah tidak terganggu.

Ingat, membagi waktu menjadi kunci penting sukses kerja di rumah. Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda juga bisa simak video 6 hal yang perlu diketahui tentang virus Corona berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi