sign up SIGN UP search


moms-life

Benarkah Daun Kelor dapat Menangkal Virus Corona?

Haikal Luthfi Sabtu, 04 Apr 2020 13:09 WIB
Virus corona telah menjadi pandemi dunia. Terdapat bahan makanan yang sedang diteliti dan disinyalir sebagai penangkalnya, salah satunya daun kelor. caption
Jakarta -

Virus corona (Covid 19) telah menjadi pandemi global. Para ilmuwan dunia terus berupaya mencari penawar virus corona, tak terkecuali ilmuwan di Indonesia. Belum lama ini, tim peneliti Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan tiga bahan alami yang dianggap dapat menangkal covid 19. Hal tersebut dibeberkan oleh Dekan Fakultäs Kedokteran UI, Ari Fahrial Syam.

"Dari hasil bioinformatika, dengan menggunakan artificial intelligence, dengan machine learning. Setelah kita mendapatkan complete genome, jadi struktur virus secara keseluruhan, kemudian kita juga mempunyai struktur herbal yang ada, kemudian kita docking istilahnya. Itu ternyata bahwa pada buah jambu biji merah, daun kelor, dan kulit jeruk. Itu ternyata mempunyai komposisi atau struktur herbal yang baik sehingga bisa digunakan untuk mencegah," ujar Ari dikutip dari CNBC Indonesia.


Secara umum, produk herbal dianggap mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Daun kelor yang disebut juga moringa atau daun drumstick punya manfaat kesehatan sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Mengutip healthline, sejumlah senyawa antioksidan ditemukan pada daun kelor. Selain vitamin C dan beta-karoten, terdapat senyawa antioksidan seperti quercetin dan asam klorogenat yang mampu menurunkan tekanan serta kadar gula darah.



Meski baru diteliti sebagai bahan alami pencegah virus corona, ke tiga makanan tersebut (termasuk daun kelor) masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat dampaknya.

Simak juga bun, 6 hal yang perlu diketahui tentang virus corona:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi