sign up SIGN UP search


moms-life

7 Jenis Tanaman Indoor yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Annisa Karnesyia Rabu, 25 Mar 2020 05:00 WIB
Untuk menambah kesan cozy dan segar, Bunda bisa menambahkan tanaman indoor di ruangan rumah minimalis. Ada tanaman yang bermanfaat untuk menyerap polutan. caption
Jakarta - Menambahkan tanaman indoor dalam rumah minimalis bisa memberikan kesan hijau dan cozy, Bun. Ruangan terkesan lebih hidup dan berwarna.

Menurut Judith Brieger, desainer dari JuniperOats, tanaman indoor dapat mengubah sebuah tempat menjadi rumah. Tanaman membawa kehidupan, energi, dan keindahan.


"Tanaman adalah tambahan yang harus dimiliki untuk ruangan bergaya apapun," kata Brieger, dikutip dari laman JuniperOats, Selasa (24/3/2020).


Membawa tumbuhan dari alam terbuka ke dalam rumah menciptakan harmoni dengan alam itu sendiri, Bun. Brieger mengatakan, ini bisa mendasari perasaan kita dan membuat hidup lebih bermakna serta terarah.

Kalau Bunda tertarik menambahkan tanaman dalam rumah, ada beberapa jenis yang cocok dan mudah dirawat. Dilansir berbagai sumber, berikut jenis-jenis tanaman tersebut:

1. Pohon Dracaena Marginata

Pohon Dracaena Marginata atau Madagascar dragon tree adalah jenis tanaman yang cocok diletakkan dalam rumah. Pohonnya dapat ditanam dalam pot dan mudah dirawat.

Dracaena Marginata memiliki daun runcing berwarna hijau dan merah. Tanaman ini bisa menyerap polutan lho, Bun.

2. Aloe Vera

Aloe vera atau lidah buaya bisa menjadi hiasan dalam rumah lho. Bunda bisa menanam lidah buaya di pot kecil dan sesekali jemur di bawah sinar matahari agar terlihat hijau segar.

Lidah buaya di kamar mandiLidah buaya di kamar mandi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Inna Fetjukova

3. Ceropegia Sandersonii (Bunga Parasut)

Bunga parasut sangat bagus dijadikan dekorasi rumah jika ditanam dalam pot kecil. Sebaiknya tidak hanya memiliki satu tanaman ini di dalam rumah. Bunga parasut akan lebih indah jika diletakkan dalam satu meja atau sudut ruangan.

Sebaiknya, bunga ini diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Tentunya agar mudah tumbuh dan terlihat indah ya.

4. Karet Merah (Ficus Elastica)

Tanaman karet merah banyak dijumpai di Indonesia. Tanaman ini mudah tumbuh dan merupakan tanaman hias.

Bentuknya pas untuk diletakkan dalam pot di dalam rumah. Karet merah juga merupakan tanaman pelindung polutan yang usianya panjang alias enggak cepat mati.

5. Aglaonema

Aglaonema adalah tanaman yang daunnya berwarna hijau bercorak putih. Nama lain tumbuhan ini adalah tanaman sri rezeki. Aglaonema bisa menjadi tanaman dekorasi indah bila ditanam dalam pot kecil dan diletakkan di atas meja.

AglaonemaTanaman Aglaonema/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Inna Fetjukova

6. Kaktus Bunga

Tanaman kaktus bonsai yang berbunga seringkali digunakan untuk menghiasi ruangan. Tanaman ini mudah didapat dan terbilang murah, Bun.

Kita bisa meletakkan kaktus bunga di atas meja. Bila ingin aman dan tak terjangkau anak-anak, bisa diletakkan di pinggir jendela rumah minimalis.


7. Lidah Mertua

Lidah mertua atau snake plant masih menjadi primadona tanaman indoor yang sering digunakan untuk dekorasi. Tanaman ini juga bermanfaat untuk menyerap polutan agar udara dalam ruangan bersih.

Lidah mertua paling cocok ditanam dalam pot ukuran besar dan diletakkan di atas lantai. Kita bisa taruh di sudut ruangan atau sebelah kursi tamu.

Simak juga tips merancang hiasan untuk rumah minimalis dari koran bekas dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi