Sign Up search


moms-life

Bosan di Rumah Saja? Coba 5 Masker Alami untuk Memutihkan Wajah

Arina Jumat, 27 Mar 2020 13:15 WIB
Bosan di Rumah Saja? Coba 5 Masker Alami untuk Memutihkan Wajah Maker alami untuk putihkan wajah/ Foto: iStock
Jakarta - Bunda mulai bosan di rumah saja? Meski jenuh hal itu tetap harus dilakukan ya, Bun, demi memutus rantai penyebaran wabah corona.

Kalau sudah mati gaya, kenapa enggak coba merawat wajah saja, Bun? Membuat masker alami sendiri untuk memutihkan wajah bisa menghilangkan kebosanan sekaligus bikin wajah tambah cantik, Bun.


Jika bingung bagaimana cara membuatnya, berikut lima cara meramu masker alami untuk memutihkan wajah yang mudah dan hanya dilakukan di rumah:


1. Masker Tomat

Salah satu bahan alami yang bisa membantu mencerahkan wajah adalah tomat. Tomat mengandung likopen yang mampu menangkal radikal bebas sekaligus mencerahkan.

Cara membuatnya dengan menghaluskan tomat dalam wadah. Lalu oleskan pada wajah Bunda. Diamkan selama 10-15 menit. Baru kemudian bilas dengan air dingin.

Bosan di Rumah Saja? Coba 5 Masker Alami untuk Memutihkan WajahMaker alami untuk putihkan wajah/ Foto: Getty Images

2. Masker Kentang

Selain tomat, Bunda bisa menggunakan kentang sebagai masker alami. Dalam kentang terdapat kandungan mineral dan antioksidan yang berguna untuk mencerahkan wajah. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga membantu menyamarkan flek hitam serta tanda-tanda penuaan lain seperti kerutan.

Caranya sangat mudah, hanya menumbuk kentang sampai halus. Kemudian oleskan pada seluruh wajah. Tunggu selama 10 menit sampai 15 menit dan setelahnya bilas dengan air.

Bosan di Rumah Saja? Coba 5 Masker Alami untuk Memutihkan WajahMaker alami untuk putihkan wajah/ Foto: Istock

3. Masker Alpukat

Sudah menjadi rahasia umum kalau alpukat tak hanya mengenyangkan tapi juga mencerahkan wajah. Terdapat kandungan vitamin A yang mampu menghilangkan sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih cerah.

Cara membuatnya hanya dengan mencampur alpukat dan air lalu dihaluskan. Kemudian oleskan sebagai masker ke seluruh wajah. Tunggu beberapa saat dan bilas dengan air.

"Alpukat sarat dengan asam lemak omega-3 dan vitamin B yang luar biasa untuk sistem limfatik. Sehingga dapat membantu memulihkan lapisan lipid kulit," terang Joanna Vargas, perawat kecantikan selebritis sekaligus pendiri Joanna Vargas Salon dan Skincare Collection dikutip dari Womenshealthmag.

4. Masker Putih Telur

Putih telur juga bisa mencerahkan wajah, Bun. Bahkan tak hanya mencerahkan tapi juga dapat membuat kulit lebih kencang sekaligus membantu menghilangkan komedo bila dilakukan secara rutin.

Cara menggunakannya seperti membuat kue, Bun. Pisahkan kuning dan putih telur. Oleskan putih telur ke seluruh wajah. Tunggu sampai mengencang lalu bilas. Lakukan secara rutin sebelum tidur, Bun.

Bosan di Rumah Saja? Coba 5 Masker Alami untuk Memutihkan WajahMaker alami untuk putihkan wajah/ Foto: iStock

5. Masker Kunyit

Punya kunyit di rumah? Kalau jarang dipakai, manfaatkan saja sebagai masker wajah, Bun. Meski aromanya kurang sedap, rempah-rempah yang satu ini dapat membuat kulit wajah terlihat cerah dan halus.


Cara membuatnya dengan menumbuk kunyit dan campurkan madu. Oleskan ke seluruh wajah selama kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air bersih. Bunda disarankan memakainya seminggu tiga kali bila ingin hasil maksimal.

Dilansir Stylecraze, madu mengandung asam alfa-hidroksi dan senyawa bioaktif lainnya yang membantu mengurangi efek pigmentasi berlebihan pada kulit, Bunda. Jadi,e nggak ada salahnya ya, Bun, memanfaatkan campuran madu untuk mengurangi bintik-bintik hitam pada wajah.

Tertarik mencoba masker alami di atas? Atau bisa juga coba bikin masker untuk angkot komedo seperti dalam video berikut ini:


[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi