sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis, Kecil tapi Tampak Luas

Yuni Ayu Amida Rabu, 08 Apr 2020 05:00 WIB
Ruang tamu di rumah Bunda berukuran kecil? Untuk menyiasati, berikut ini tips menata ruang tamu kecil di rumah minimalis agar terlihat luas. caption
Jakarta - Rumah minimalis memang tidak selalu dibangun di atas lahan yang luas, Bunda. Itu sebabnya, ukuran setiap ruangan biasanya tidak terlalu besar.

Dikatakan Shawn Breyer, pemilik Breyer Home Buyers, saat berpikir untuk menata ruangan agar terlihat lebih besar, kita mungkin langsung berpikir tentang warna furnitur dan dinding.


Keduanya memang penting, Bunda. Tapi ternyata, menurut Breyer, pilihan pencahayaan mungkin jadi salah satu kendala terbesar yang kita hadapi untuk membuat ruangan terlihat lapang.


"Suasana adalah segalanya ketika memperbesar perspektif ruang yang lebih kecil, dan cahaya adalah inti dari itu," jelas Breyer, dilansir Bustle.

Lebih lanjut, Breyer mengatakan bahwa cahaya alami harus optimal di sebuah ruangan. Namun, jika tidak memungkinkan, maka pakailah bantuan lampu buatan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini tips menata ruang tamu kecil di rumah minimalis agar terasa luas, dilansir berbagai sumber.

1. Kurangi penggunaan perabot

Teknik mengurangi perabot pada ruangan ini sebenarnya tak hanya berlaku pada ruang tamu saja, tapi bisa pada ruangan lain di rumah minimalis berukuran kecil. Dengan berkurangnya perabot, maka ruangan pun akan terasa lebih luas. Jadi, coba Bunda pertimbangkan untuk meletakkan perabot yang benar-benar penting saja di ruang tamu kecil.

2. Pilih warna terang

5 Tips Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis, Kecil tapi Tampak Luas5 Tips Menata Ruang Tamu Rumah Minimalis, Kecil tapi Tampak Luas Foto: iStock


Untuk ruang tamu berukuran kecil, hindarilah warna-warna gelap, karena ini hanya akan membuat ruangan terasa lebih sempit. Sebaiknya, gunakan warna-warna terang seperti kuning, hijau, biru muda dan lainnya. Warna-warna terang bisa membuat suasana ruang lebih hidup dan terbuka.

3. Penggunaan cermin

Coba tambahkan elemen cermin atau kaca di ruang tamu. Akan lebih baik jika kaca berukuran besar. Tujuannya untuk memberikan efek refleksi yang bisa membuat ruangan terasa luas dan lapang.

4. Atur pencahayaan

Pastikan ruang tamu kecil memiliki pencahayaan yang baik. Ruangan yang gelap akan membuat kesan ruangan sempit dan sesak. Manfaatkan cahaya alami dengan bantuan jendela maupun langit-langit terbuka. Untuk malam hari, gunakan lampu dengan pencahayaan terang.

5. Hindari pola berlebihan

Pola-pola unik di suatu ruangan memang bisa membuat ruangan terlihat lebih menarik. Hanya saja, untuk ruang tamu berukuran kecil, sebaiknya hindari menggunakan pola-pola berlebih karena justru akan membuat terasa sesak dan sempit. Sebaliknya, biarkan elemen di ruang tamu tampil polos.


Simak juga tips rumah minimalis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi