sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Ampuh Membersihkan Rumah dari Serangan Semut

Arina Kamis, 07 May 2020 05:20 WIB
Close up of red imported fire ants (Solenopsis invicta) or simply RIFA caption
Jakarta - Melihat banyak semut di rumah tentu menyebalkan. Selain membuat rumah terlihat lebih kotor, Bunda pasti khawatir anak akan digigit semut.

Apa Bunda mulai terganggu karena belakangan rumah sedang banyak semut? Melansir dari The Spruce, sebenarnya semut tidak menyukai boraks, bubuk cabai, kayu manis, cuka, dan banyak zat rumah tangga lainnya. Tapi sayangnya, kadang bahan-bahan rumahan ini tidak tuntas membasmi koloni semut, Bunda.


Nah, kalau mau rumah benar-benar bebas semut coba lima cara simpel dan mudah untuk membersihkan rumah berikut, dilansir dari Healthline:


1. Pembersih Kaca dan Detergen Cair

Salah satu cara mudah membersihkan rumah dari semut adalah menggabungkan cairan pembersih kaca dan detergen cair. Bunda juga bisa memakai sabun pencuci piring untuk mencegah semut masuk ke rumahmu, Bun.

Gabungkan kedua cairan lalu semprotkan ke area di mana semut banyak berkumpul. Meski tak ada penelitian yang mendukung cara ini, tapi bukti menunjukkan bahwa cairan tersebut bisa membantu mengusir semut.

2. Lada
lada7 Cara membersihkan semut/ Foto: iStock

Tahukah Bunda kalau lada bisa membersihkan rumah dari semut? Semut tampaknya menemukan kalau aroma lada mengganggu sehingga Bunda bisa mencoba memakai lada hitam untuk mengusir mereka dan kawanannya.

Bukti anekdotal menunjukkan kalau menaburkan lada di sekitar papan atau belakang peralatan dapur bisa menjauhkannya dari semut.

3. Peppermint

Peppermint menjadi pembasmi serangga yang alami. Campurkan 10 hingga 20 tetes minyak esensial peppermint dengan dua gelas air.

Semprotkan campuran tersebut di sekitar lantai dan jendela rumah lalu biarkan mengering. Seperti kebanyakan minyak esensial, jauhkan minyak peppermint dari jangkauan hewan peliharaan, terutama kucing yang bisa berbahaya jika terpapar.

4. Cuka

Bersihkan semut dengan larutan cuka dan air berkomposisi 50-50. Namun, Bunda, bisa menggunakan cuka secara langsung. Cuka putih membunuh semut dan mengusirnya.

Jika Bunda memiliki masalah semut, coba gunakan cuka encer untuk membersihkan permukaan keras, termasuk lantai adan meja, di seluruh rumah. Semut bisa mencium bau cuka bahkan setelah mengering walaupun aromanya tidak tercium lama bagi kebanyakan orang.

5. Ampas Kopi
ampas kopi7 Cara membersihkan semut/ Foto: iStock

Jangan buang ampas kopi yang mau diminum. Itu bisa membantu membersihkan rumah dari semut. Coba taburkan ampas kopi di permukaan benda yang sering di kelilingi semut. Bunda juga bisa menempatkannya di jendela.

6. Minyak Kayu Manis

Senyawa dalam minyak esensial kayu manis termasuk cinnamaldehyde telah ditemukan sebagai cara efektif membunuh dan menjauhkan semut. Bahkan kandungan di dalamnya juga bisa mengusir semut merah.

Bukti anekdotal menunjukkan kalau bubuk kayu manis juga efektif menjauhkan semut. Coba menggunakan bola kapas dan minyak kayu manis. Lalu torehkan di area yang banyak semut.

7. Handshop

Sabun pencuci tangan bisa juga dimanfaatkan untuk membasmi semut. Jika aroma pembersih kaca mengganggu Bunda, menggunakan sabun tangan mungkin cukup untuk menghilangkan semut.


Air sabun apa pun bisa menghilangkan aroma feromon semut. Semprotkan di jalan semut dan titik masuk di rumah.

Tanpa jejak feromon untuk diikuti, semut tidak dapat berkomunikasi satu sama lain.

Bunda, simak juga yuk cara membersihkan kamar mandi yang cepat dan efektif dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi