sign up SIGN UP search


moms-life

7 Manfaat Air Rendaman Kurma, Cegah Sembelit hingga Tingkatkan Daya Ingat

Arina Kamis, 14 May 2020 08:10 WIB
juicy Dried date fruits or kurma, ramadan meal with mint leaf, flat lay caption
Jakarta - Kurma memiliki khasiat besar untuk tubuh. Tak hanya buahnya, biji dan airĀ rendaman kurma ternyata juga bagus buat kesehatan, Bun.

Apa Bunda pernah merendam air kurma dan meminumnya demi kesehatan? Mungkin jarang bagi Bunda merendam kurma, terutama saat Ramadhan karena buahnya menjadi camilan utama saat berbuka puasa.


Bunda bisa mencoba merendam kurma ke dalam air hangat dan diamkan semalaman. Kemudian minum air rendaman kurma saat sahur, untuk mendapatkan khasiat besar lainnya. Berikut tujuh khasiat air rendaman kurma:


1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu masalah yang sering terjadi selama Ramadhan adalah pencernaan. Bunda menjadi sering sembelit karena kurang minum air mineral dan sedikit makan buah-buahan. Dilansir dari NDTV Food, Bunda bisa mencoba meminum air rendaman kurma.

Selain mengonsumsi buahnya, air rendaman kurma bagus untuk kesehatan pencernaan. Kandungan seratnya yang tinggi direkomendasikan buat Bunda yang memiliki masalah sembelit.

juicy Dried date fruits or kurma, ramadan meal with mint leaf, flat layManfaat rendaman air kurma/ Foto: iStock

2. Mengatasi Sakit Perut

Air rendaman kurma juga bisa mengatasi sakit perut. Kurma kaya akan mineral, vitamin, dan serat sehingga bagus buat kesehatan. Bahkan buah kurma sendiri menjadi salah satu yang disarankan dimasukkan ke dalam program diet sehat dan seimbang.

3. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Dikutip dari Deerham, air nabeez atau rendaman kurma bisa membantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Air rendaman kurma akan mendetoksifikasi dengan membuang racun dari tubuh dan menjaga sistem pencernaan.

4. Menstabilkan Tekanan Darah

Air nabeez juga kaya akan kalium sehingga dapat membantu menstabilkan tekanan darah, dan menjaga kinerja jantung. Kalium dibutuhkan oleh tubuh. Jika tubuh kekurangan kalium maka akan mudah lelah, Bun.

5. Meningkatkan Daya Ingat

Air nabeez dipercaya membantu menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan daya ingat. Air rendaman kurma ini akan membantu memperbaiki kinerja otak, Bun.

6. Bagus untuk Ibu Hamil

Kurma memiliki kandungan yang diyakini dapat membantu memperkuat otot-otot rahim. Nutrisi dalamĀ kurma baik untuk memperkaya kualitas ASI. Ibu menyusui juga dianjurkan untuk minum air rendaman kurma selama bulan puasa.


7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Air rendaman kurma mengandung zat besi. Zat besi berfungsi membantu menstabilkan metabolisme, mempertahankan produksi hemoglobin dan sel darah merah, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Jadi meminumnya secara teratur akan membuat kita terhindar dari berbagai serangan penyakit berbahaya.

Bunda, simak juga resep cake kurma dalam video berikut yuk!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi