sign up SIGN UP search


kehamilan

Makan Kurma Bantu Mudahkan Persalinan? Simak Faktanya

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 30 Apr 2020 18:28 WIB
Makan Kurma Bantu Mudahkan Persalinan? Simak Faktanya caption
Jakarta - Persalinan tinggal menunggu hari, berbagai cara untuk memperlancar kelahiran si kecil pun dilakukan. Ada yang mengatakan bahwa banyak mengonsumsi kurma bisa membantu persalinan lebih lancar. Benar enggak ya, Bun?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Obstetrics and Gynecology yang mengamati 154 wanita, di mana setengah dari mereka ditugaskan untuk makan tujuh kurma dalam sehari (sekira 80 gram) dimulai pada minggu ke-37 kehamilan mereka.


Meskipun kelompok tersebut makan kurma tetapi mereka tidak mengalami gejala persalinan yang lebih cepat, dibandingkan dengan yang tidak makan. Pada percobaan lainnya yang serupa di Iran, dari 105 wanita yang berusia 37-28 minggu kehamilan ditugaskan dengan mengunyah 70-75 gram kurma per hari.


Dan para peneliti menemukan bahwa 20 persen dari orang yang memakan kurma membutuhkan pitocin untuk induksi persalinan dibandingkan 45 persen pada kelompok lainnya. Tak hanya itu, mereka yang makan kurma memiliki pematangan serviks ketika mereka di rawat di rumah sakit.

Meskipun studi ini kecil, tampaknya ada beberapa bukti bahwa makan kurma pada akhir kehamilan dapat mengurangi kebutuhan untuk induksi atau augmentasi tenaga kerja medis, serta meningkatkan pematangan serviks.

Para peneliti berpikir bahwa ada kemungkinan buah kurma memiliki dampak seperti oksitosin pada rahim. Sehingga membantu mempersiapkannya untuk kontraksi

Selain itu, kandungan gula yang tinggi pada kurma dapat memberikan energi selama persalinan dan mungkin membantu mempromosikan kontraksi uterus dengan meningkatkan sensitivitas uterus terhadap oksitosin. Itulah yang kemudian membuat Bunda yang mengonsumsi kurma jelang persalinan dapat meringankan persalinan serta mengurangi kejadian perdarahan postpartum.

Makan Kurma Bantu Mudahkan Persalinan? Simak FaktanyaKurma permudah proses persalinan? Foto: iStock


Meski demikian, patut diingat ya, Bun, bahwa itu tak berarti mengunyah kurma setiap hari akan menjamin persalinan yang mudah, seperti diungkap seorang obgyn, Omnia M. Samra-Latif Estafan, seperti dikutip dari laman Purewow.

"Kurma merupakan sumber serat dan vitamin yang bagus bagi wanita hamil. Tetapi, mesti diingat bahwa meskipun lezat buah kurma juga mengandung gula yang cukup tinggi,"katanya.


Melansir Momjunction, kurma memang aman dan bermanfaat bagi Bunda dan bayi. Gula pada kurma dapat memberikan energi tanpa menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang signifikan dalam tubuh. Tetapi, karena kebanyakan dikonsumsi kering, kurma memiliki kandungan kalori lebih seperti buah-buahan lainnya. Sehingga, mengonsumsinya dalam jumlah sedang adalah kuncinya.

Nah, semoga membantu ya, Bun!

Jika Bunda ingin mencobanya, bisa mengolah kurma menjadi hidangan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi