sign up SIGN UP search


moms-life

Menu Buka Puasa: Resep Es Doremi, Manis dan Gurihnya Bikin Nagih

Yuni Ayu Amida Kamis, 21 May 2020 15:44 WIB
menu takjil Menu Takjil: Resep Es Doremi, Manis dan Gurihnya Bikin Nagih/ Foto: instagram
Jakarta -

Nama esdoremi mungkin sedikit asing di telinga ya, Bunda. Kalau belum tahu, esdoremi ini adalah salah satu panganan yang segar dikonsumsi untuk menu berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Rasa yang ditawarkan es doremi ini manis dan gurih, karena bahan dasarnya bengkuang yang dicampur santan. Es doremi juga segar di tenggorokan karena ada campuran es batu juga. Hmmm...

Nah, Bunda penasaran cara bikinnya? Berikut ini resep es doremi, dikutip dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa. Jangan lupa coba di rumah ya.


Bahan:

750 gram bengkuang, potong bentuk dadu
Pewarna kue hijau, merah, dan kuning
400 gram tepung kanji
Air secukupnya, didihkan
1 1/2 liter santan sedang
1/2 sdt garam halus
1/2 sdt vanili
Es batu secukupnya
Sirup vanili secukupnya

Cara membuat:

1. Cuci potongan bengkuang, tiriskan. Bagi bengkuang jadi 3 bagian, masing-masing warnai dengan pewarna kue yang berbeda. Kemudian lumuri dengan tepung kanji sampai potongan bengkuang tertutup. Diamkan sebentar. Lakukan beberapa kali sampai lapisan tepung kanji cukup tebal. Diamkan sampai kering.

2. Masukkan bengkuang warna-warni tersebut ke dalam air mendidih, masak sampai terapung, angkat. Tiriskan, masukkan ke dalam air matang dingin. Aduk perlahan lalu tiriskan lagi.

3. Masak santan, garam, dan vanili, sambil diaduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan. Campur santan dan bengkuang warna-warni. Masukkan ke dalam gelas saji, lalu beri es batu dan sirup vanili.

Es doremi siap dinikmati. Selamat berbuka puasa, Bunda dan keluarga.

Simak juga resep es merah delima dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi