sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Memotong Bawang Tanpa Bikin Nangis, Sepele Tapi Berhasil Lho Bunda

Asri Ediyati Rabu, 20 May 2020 10:52 WIB
Red onions circles and red onions on board caption
Jakarta -

Bunda sering menangis atau matanya perih kalau sedang memotong bawang? Tenang, Bunda enggak sendirian. Memotong bawang bisa membuat kita menangis karena bawang mengandung asam amino alami yang disebut sulfoksida.

Menurut Institute of Food Science and Technology, jika kita memotongnya, dinding selnya menjadi rusak . Ini menyebabkan sulfoksida diubah menjadi gas yang sangat mengganggu dan mengiritasi mata.

Nah, sudah jelas sampai situ, kita beralih ke tipsnya. Berikut telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber tujuh tips memotong bawang tanpa bikin nangis:


1. Masukkan bawang ke dalam freezer selama 30 menit. Membuat senyawa dalam bawang berkurang karena sel dalam keadaan beku. Mengiris kulitnya juga lebih mudah sehingga kemungkinan menangis akan kecil.

2. Memotong bawang di bawah air mengalir. Sambil mencuci, Bunda juga bisa memotong bawang. Air akan mencegah senyawa tadi berembus ke mata kita.

3. Memotong bawang di bawah rendaman air. Agak tricky namun cukup berhasil untuk membuat kita tidak menangis saat memotongnya.

ilustrasi bawang merahilustrasi bawang merah/ Foto: iStock

4. The National Onion Association mengatakan produksi air mata ketika memotong bawang akan berkurang jika Bunda memotong bagian atasnya lebih dahulu baru mengupas kulit luar.

5. Biarkan bagian akar bawang tetap utuh tak terpotong. Hal ini menurut The National Onion Association, ujung akar dari bawang memiliki konsentrasi terbesar dari senyawa belerang, sehingga jika dipotong akan membuat mata pedih.

6. Semprotkan sedikit cuka di atas talenan. Ini juga dianggap bisa mengurangi air mata. Larutan cuka akan menghentikan reaksi belerang yang ada dalam bawang.

7. Gunakan kipas angin. Kipas angin ini akan membuat zat belerang berembus ke mata dan mencegah Bunda menangis saat memotong bawang.

Simak juga video soal bawang putih yang konon bisa atasi sikat gigi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi