sign up SIGN UP search


moms-life

8 Cara Cerdas Memotong Bawang Agar Tidak Berurai Air Mata

Arina Sabtu, 27 Jun 2020 05:30 WIB
Close up male hands chopped fresh red onion on wooden table caption
Jakarta -

Bawang menjadi salah satu bahan dapur yang wajib digunakan saat memasak. Namun saat mengupas, memotong, hingga mengulek bawang, Bunda bisa berurai air mata.

Memotong bawang akan melepaskan enzim yang membentuk asam sehingga terurai menjadi gas disebut propanethiol S-oxide. Enzim tersebut yang menyebabkan air mata keluar dengan sendirinya.

Ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar mata tidak berair saat memotong bawang. Berikut cara cerdas memotong bawang agar tidak berurai air mata:


1. Nyalakan Lilin

Cara memotong bawang agar tidak keluar air mata adalah dengan mengirisnya dekat api. Nyalakan lilin dekat Bunda memotong bawang. Senyawa sulfur akan bereaksi dengan nyalanya api sehingga tak langsung ke mata Bunda.

2. Makan Roti

Memotong bawang tanpa berurai air mata bisa dilakukan dengan mengunyah sepotong roti. Senyawa sulfur akan diserap oleh roti sebelum mencapai mata Bunda.

3. Bekukan Bawang

Dilansir Times of India, jika tak ingin keluar air mata saat memotong bawang coba bekukan terlebih dahulu. Bekukan bawang selama kurang lebih 15 menit sebelum memotongnya, maka akan memperlambat reaksi dan mengurangi jumlah enzim asam ke udara.

4. Pakai Pisau Tajam

Memotong bawang dengan menggunakan pisau yang tajam bisa menyebabkan sedikit kerusakan pada dinding sel bawang. Ini akan mengurangi risiko mata berair.

Close up male hands chopped fresh red onion on wooden table10 cara potong bawang agar tak menangis/ Foto: iStock

5. Microwave

Masukkan bawang dalam microwave selama 45 detik sebelum dipotong. Cara ini dapat memecah senyawa yang menyebabkan air mata.

6. Gunakan Sendok

Jika Bunda tak ingin berurai air mata saat memotong bawang, masukkan sendok ke mulut. Baru kemudian potong bawang maka tak akan membuat mata berair, Bunda.

7. Potong di Bawah Pancuran Air

Potong bawang di bawah air mengalir. Ini bisa mencegah senyawa sulfur mencapai mata Bunda yang bisa membuatmu menangis, Bunda.

8. Gosok Pisau Pakai Irisan Lemon

Sebelum memotong bawang, iris lemon terlebih dahulu. Gosokkan irisan lemon ke pisau yang akan dipakai untuk memotong bawang. Cara ini bisa membantu Bunda tidak menangis saat memotong bawang.

9. Posisikan Bawang Menghadap ke Bawah

Pastikan bawang menghadap ke bawah, Bunda. Melansir dari Gratist, cara ini akan membuat lebih sedikit gas yang melayang ke arah wajah. Setelahnya, letakkan bawang yang telah diiris di wadah terpisah. Sehingga gas dari bawang tidak membuat air mata keluar.

10. Pakai kacamata

Salah satu cara paling mudah adalah mengenakan kacamata, Bunda. Ini akan menghalangi gas dari bawang menusuk mata. 

Tertarik mencoba salah satu tips dapur di atas?

Bunda, simak yuk manfaat lain bawang putih yang bisa digunakan sebagai obat gigi seperti dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi