sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menyimpan Bawang Merah agar Tak Mudah Busuk

Arina Senin, 11 May 2020 16:50 WIB
shallots in bowl on old wooden table with old wallpaper and shallots bunch background caption
Jakarta - Bawang merah menjadi bumbu untuk melezatkan masakan yang tak boleh dilupakan. Namun sayangnya, bawang goreng mudah sekali berair atau berbau tengik.

Mungkin masih banyak dari Bunda yang bingung bagaimana sebenarnya cara terbaik menyimpan bawang merah. Ada yang membiarkannya di tempat terbuka namun beberapa memilih untuk menyimpannya di dalam kulkas.


Bagi Bunda yang masih bingung, berikut lima cara menyimpan bawang merah agar lebih awet:


1. Simpan di Tempat yang Kering

Salah satu cara menyimpan bawang merah agar lebih awet dengan meletakkan di tempat yang kering, Bun. Jangan dikupas jika membelinya dalam keadaan utuh.

Cara terbaik dengan menyimpan bawang merah menggunakan wadah kering dan terbuka. Hindari meletakkannya di tempat yang gelap. Menyimpan bawang merah dalam suhu ruangan yang kering dan terbuka bisa awet hingga satu bulan lho.

YouTuber Asahid & TehYung yang memiliki lebih dari 853 ribu subscriber menyarankan agar tidak menyimpan bawang merah utuh dalam kulkas.

2. Pisahkan Bawang Merah dan Bawang Putih

Apa selama ini, Bunda, menyimpan bawang merah dan bawang putih secara bersamaan? Kini coba dipisahkan ya, Bun. Menyimpan bawang merah dan bawang putih dalam satu wadah bisa membuat keduanya cepat busuk.

Kedua jenis bawang ini mengeluarkan gas berbeda saat disimpan. Untuk itu, sebaiknya menyimpan bawang merah dan bawang putih dibedakan tempatnya. Perbedaan gas yang dikeluarkan bisa membuat keduanya mudah busuk.

bawang merahcara menyimpan bawang merah// Foto: iStock

3. Sering Dijemur

TehYung menyarankan agar bawang merah sering dijemur jika mau lebih awet. "Simpan di suhu ruangan saja ya, kalau bisa sering dijemur biar nggak cepat busuk," saran TehYung.

4. Masukkan Kulkas Kalau Sudah Dikupas

Jika Bunda memilih membeli bawang merah dalam keadaan sudah dikupas maka sebaiknya segera masukkan ke dalam kulkas. Menyimpan bawang merah yang sudah dikupas dalam kulkas akan lebih awet tapi tidak setahan bawang merah utuh di luar lemari es.

Simpan bawang merah kupas dalam wadah tertutup. Ini akan awet sekitar satu hingga dua minggu, Bun.


5. Iris Jika Ingin Masuk Kulkas

Cara lain jika membeli bawang merah dalam keadaan sudah dikupas dengan mengirisnya sebelum masuk kulkas. Kamu bisa mengiris semua bawang merah yang sudah dikupas lalu masukkan dalam satu wadah. Menyimpan bawang merah yang sudah diirisa bisa bertahan kurang lebih satu bulan, Bun.

Selama ini, bagaimana cara Bunda menyimpan bawang merah?

Selain buat bumbu masakan, ternyata bawang putih juga bisa buat obat sakit gigi lho, simak yuk dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!