sign up SIGN UP search


moms-life

Teknik Memotong dan Memasak Daging Lebih Cepat Empuk serta Tidak Perengus

Asri Ediyati   |   Haibunda Selasa, 19 May 2020 05:20 WIB
Man preparing meat in kitchen caption
Jakarta -

Seperti yang kita tahu, memasak daging cukup tricky. Apalagi kalau kita tidak tahu daging bagian mana yang cocok dengan teknik memasak A atau teknik memasak B. Misalnya, daging paha atau sengkel sapi cocok untuk diolah menjadi rendang.

Nah, kali ini HaiBunda akan membahas cara memotong daging dan memasaknya supaya lebih cepat empuk serta tidak perengus alias bau. Berikut caranya yang telah HaiBunda rangkum dari berbagai sumber:

1. Pertama adalah memotongnya secara vertikal terhadap serat daging. Kalau sejajar, efek panas saat dimasak akan cepat meresap ke daging. Dengan begitu proses memasak jadi lebih singkat.


2. Jika Bunda ingin menyingkirkan lemak daging, masukkan dahulu ke dalam freezer. Diamkan selama satu jam agar lemak mengeras sehingga mudah disingkirkan ketika dipotong.

3. Untuk menghindari bau perengus pada daging, caranya mudah yaitu jangan pernah mencuci daging, terlebih jika Bunda masak daging kambing. Selain jangan mencuci, cara lain agar daging tidak perengus adalah dilumuri parutan jahe.

4. Jika daging sudah terlanjur perengus akibat dicuci, Bunda bisa segera rebus daging dan menambahkan rempah yang menghilangkan bau seperti sereh, daun salam, daun kemangi. Pilih salah satunya saja.

5. Untuk membuat daging empuk, Bunda bisa pakai parutan nanas. Selain parutan nanas, Bunda juga bisa gunakan daun pepaya (jangan terlalu tua atau muda) yang diremas. Kemudian taruh daging di atas daun pepaya tersebut dan tutup lagi dengan daun pepaya selama 30 menit.

Simak juga cara mencairkan daging beku melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!