sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menanam Bawang Putih di Rumah, Sederhana dan Mudah Dilakukan

Asri Ediyati Jumat, 22 May 2020 08:12 WIB
Tanaman bawang putih caption
Jakarta -

Berkebun di rumah bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk mengisi waktu luang. Kali ini HaiBunda akan membahas tips menanam bawang putih di rumah. Ya, budidaya bawang putih ternyata bisa dilakukan juga secara sederhana dan rumahan, lho.

Kenapa bisa dilakukan di rumah? Mengutip dari laman resmi Cybex Kementan RI, cara tanam bawang putih yang simpel serta masa tanam bawang putih yang singkat membuat praktik ini sangat masuk akal jika dilakukan di rumah, Bunda.

Sebelum praktik sendiri di rumah, simak yuk tips menanam bawang putih di bawah ini:


1. Cara memilih jenis bawang untuk ditanam

Ada dua jenis tanaman bawang putih yang dapat dibudidayakan sendiri di rumah. Jenis bawang putih tersebut yaitu softneck dan hardneck.

Bawang putih jenis softneck memiliki bentuk daun yang menjuntai ke bawah. Sementara itu hardneck memiliki batang tegak dan keras lalu di tengahnya terdapat umbi bawang.

Bawang putih softneck dinilai lebih mudah untuk ditanam dan dikembangkan di daerah dengan cuaca cenderung panas. Hasil yang dapat dipanen biasanya kecil-keci dan memiliki rasa yang kuat. Sementara, hardneck cocok ditanam di daerah dingin cenderung bersalju. Jadi sudah tahu jenis apa yang bakal ditanam ya?

2. Cara menanam bawang putih

Jangan salah, menanam bawang putih tidak perlu peralatan dan lahan yang besar. Bunda tinggal siapkan saja beberapa buah pot kecil atau satu yang berukuran besar. Jangan lupa untuk menyediakan tanah subuh sebagai media tanamnya.

Lalu, potong bagian bawah beberapa butir bawang yang masih ditempeli akar. Gali beberapa lubang pada tanah di pot dengan kedalaman yang cukup. Masukkan potongan bawang pada lubang yang tersebar lalu tutupi lagi dengan tanah.

Kemudian, sirami pot dengan air secukupnya. Setelah beberapa hari, akan muncul daun berwarna hijau yang menunjukkan bawang mulai berkembang.

Sirami pot secukupnya ketika tanah mulai keliatan kering. Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk yang bisa dibuat dari campuran pelet ikan serta air rendaman rumput lain. Mudah kan, Bunda?

Tanaman bawang putihTanaman bawang putih/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Copit

3. Cara memotong daun dari bawang

Masa tanam bawang putih berkisar 90 - 120 hari. Bila sudah siap panen, perhatikan dahulu daunnya. Daun berwarna hijau yang keluar dari dalam tanah merupakan daun bawang yang juga bisa dikonsumsi.

Dari waktu ke waktu, daun tersebut akan semakin panjang maka itu sebelum membusuk, potong dan manfaatkan untuk keperluan memasak sehari-hari.

4. Memanen tanaman bawang putih

Masa panen bawang putih dapat ditentukan berdasarkan jenis serta cuaca di sekitar wilayah tempat tinggal Bunda. Panas dapat mempercepat perkembangannya, sementara suhu dingin dapat memperlambat.

Umbi bawang siap untuk dipanen ketika bagian tengah daun nampak menguning cenderung coklat. Bunda bisa mengambil bawang ketika tanah cenderung kering. Caranya, longgarkan permukaan tanah dengan menggunakan sekop. Ketika makin banyak ruang yang terbuat, angkat daun hingga bawang terlihat.

Tanaman Bawang PutihTanaman Bawang Putih/ Foto: ABC Australia

5. Setelah panen bawang putih, dijemur dan dibersihkan

Saat seluruh bawang putih sudah Bunda angkat, taruh bawang di bawah sinar matahari yang tidak terlalu terang. Cara ini akan membuat lapisan kulit bawang terluar pecah. Jadi lebih mudah dikupas nantinya. Setelah itu, bersihkan sisa-sisa tanah yang masih menempel menggunakan sikat.

6. Menyimpan hasil panen bawang putih

Suhu ideal untuk menyimpan bawang putih yang telah dipanen adalah sekitar 10 - 21 derajat Celsius. Pastikan pula ruangan tempat penyimpanannya tidak lembap, sirkulasi udaranya baik, cahayanya cukup namun jauh dari sinar matahari.

Bila penempatannya kurang baik, bawang putih bisa lebih mudah busuk. Sayang kan sudah capek menanam tapi hasilnya tidak bisa Bunda nikmati?

Bagaimana Bunda? Mudah kan cara menanam bawang putih di rumah?

Simak juga video cara menanam tanaman hidroponik bersama anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi