sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Menanam Tanaman Bawang Putih di Polybag, Coba 5 Langkah Ini Agar Berhasil

Nisa Hayyu Rahmia   |   Haibunda Sabtu, 23 Oct 2021 04:00 WIB
Garlic Cloves and Bulb for food cooking in the kitchen caption
Jakarta -

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang cukup esensial ketika memasak. Maka dari itu, stok bawang putih di rumah Bunda harus selalu tersedia, ya.

Namun, ada beberapa waktu di mana Bunda mungkin lupa menyetoknya dan jadi kerepotan sendiri ketika memasak. Nah, untuk mengatasinya, Bunda juga bisa menanam tanaman bawang putih sendiri di rumah menggunakan polybag atau pot, lho.

Selain memudahkan Bunda jika lupa, menanam bawang putih juga bisa membantu Bunda menghemat. Mengingat fakta bahwa bawang putih digunakan cukup sering dan hampir tak pernah absen dari kebutuhan setiap masakan.


Akan tetapi, harus diketahui, bawang putih dapat menjadi racun bagi hewan peliharaan seperti anjing dan kucing. Maka, jika Bunda memiliki anak bulu, menanam bawang putih di rumah sangat amat tidak disarankan.

Bagi Bunda yang tertarik, Bunda bisa menyimak cara mudah menanam bawang putih di polybag atau pot yang dikutip dari beberapa sumber.

1. Sesuaikan wadah

Sebenarnya, pot tanah liat dengan lubang drainase di bagian bawah merupakan wadah yang paling baik untuk menanam bawang putih, tetapi Bunda juga tetap bisa menggunakan wadah lain seperti polybag yang berukuran agak besar. Bila menggunakan polybag, jangan lupa buat beberapa lubang drainase agar air bisa mengalir.

Bunda juga bisa menggunakan wadah lain seperti kaleng bekas, lho. Namun harus tetap memiliki lubang yang banyak ya, Bunda.

Banner 14 Resep Masakan Serba Murah

Lubang drainase di bagian bawah wadah juga harus ditutup dengan kertas, handuk, atau saringan kopi. Tujuannya untuk untuk menjaga tanah di dalam wadah namun tetap membiarkan air mengalir keluar dengan bebas.

2. Siapkan tanah

Umbi-umbian seperti bawang putih menyukai tanah yang berdrainase baik namun dapat membusuk jika dibiarkan meresap di tanah yang terlalu basah. Gunakanlah tanah dengan campuran kualitas tinggi agar bawang putih bisa tumbuh lebih subur.

Bunda juga bisa menambah pupuk slow release atau pupuk NPK majemuk untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Siapkan bibit

Bunda bisa menyiapkan bibit cukup dengan memisahkan umbi bawang putih yang Bunda punya di rumah menjadi siung dengan mencongkelnya hingga terbuka. Usahakan untuk mempertahankan kulit sebanyak mungkin dan gunakan siung terbesar.

Jika terdapat bawang yang lunak atau menunjukkan tanda-tanda pembusukan, jangan digunakan sebagai bibit ya, Bunda. Apabila tidak ingin repot, Bunda juga bisa membeli benih bawang putih di toko.

Setelah ketiga tahap di atas, masih ada dua tahap terakhir yang harus Bunda lakukan untuk menanam bawang putih di polybag atau pot. Klik baca halaman selanjutnya.

Simak juga video 5 manfaat garam untuk tanaman berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENANAM BAWANG PUTIH DI POLYBAG ATAU POT: TANAM DAN SIRAM
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!