sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menyimpan Bawang Putih agar Awet hingga 6 Bulan

Arina Kamis, 28 May 2020 16:34 WIB
Peeled garlic in bowl caption
Jakarta -

Bunda sering mendapati bawang putih menjadi kering padahal usianya belum sampai satu bulan? Mungkin cara penyimpanannya yang perlu diperhatikan.

Bawang putih dan bawang merah harus diletakkan dalam suhu ruangan, agar selalu kering. Bunda juga banyak disarankan menyimpannya dalam wadah terbuka agar tidak mudah busuk.

Sebenarnya, ada cara menyimpan bawang putih agar awet berbulan-bulan. Chef sekaligus YouTuber William Gozali membagikan cara menyimpan bawang putih agar awet hingga enam bulan lho, Bunda.


Simak cara menyimpan bawang putih agar lebih awet berbulan-bulan:

1. Kupas Bawang Putih

Dalam video berjudul 'Bawang Putih - Kok bisa awet 6 bulan?', William Gozali menyarankan untuk mengupas bawang putih terlebih dahulu. William Gozali pun menyarankan menggeprek bawang putih untuk memudahkan pengupasan kulitnya.

Cara lainnya dengan memasukkan bawang putih ke dalam stoples, jar, atau mangkok lalu tutup. Kemudian kocok bawang putih selama kurang lebih dua menit. Hasilnya, kulit bawang putih akan mudah terkelupas dengan sendirinya ketika dikeluarkan.

Bawang putihCara Menyimpan Bawang putih/ Foto: Getty Images

2. Haluskan Bawang Putih

Cara menyimpan bawang putih agar awet dengan menghaluskannya. Bunda bisa mencincang bawang putih yang sudah dikupas sampai halus. Jika ingin lebih mudah, menggunakan blender juga bisa dilakukan tapi hanya bawang putih saja ya, tidak perlu ditambahkan garam atau gula.

3. Masukkan ke Dalam Wadah Tertutup

Cara selanjutnya menyimpan bawang putih agar awet dengan meletakkannya ke dalam wadah tertutup, Bun. Bunda bisa memakai stoples, jar, atau kontainer.

4. Tuang Minyak Sayur

Tuang minyak sayur ke dalam Stoples berisi bawang putih yang sudah dihaluskan. Tuang minyak sayur sampai semuanya terendam.

YouTuber dengan subscriber lebih dari 823 ribu itu mengingatkan, agar tidak memakai minyak goreng karena akan menjadi beku, Bunda. Cara menyimpan bawang putih ini akan membuatnya awet berbulan-bulan.

5. Simpan Dalam Kulkas

Cara terakhir menyimpan bawang putih agar awet berbulan-bulan dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Tutup rapat stoples yang sudah berisi bawang putih dihaluskan dan terendam minyak sayur. Lalu masukkan ke dalam kulkas maka akan awet hingga enam bulan, Bunda.

Selamat mencoba!

Bunda, simak juga yuk manfaat bawang putih dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi