sign up SIGN UP search


moms-life

5 Kesalahan Menata Dapur Rumah Minimalis yang Jarang Disadari

Yuni Ayu Amida Kamis, 04 Jun 2020 05:00 WIB
Typical Scandinavian style kitchen interior design. ( 3d render ) caption
Jakarta -

Dapur merupakan salah satu bagian penting dalam rumah minimalis, Bun. Namun kadang kita kerap tidak menyadari bahwa telah melakukan kesalahan dalam penataannya.

"Dapur model apapun sangat cepat menjadi berantakan, sulit untuk tetap bersih, salah satunya karena kita meletakkan berbagai peralatan di atas meja dapur," kata Greng Natale, ahli interior desain, dilansir Home Beautiful.

Tak hanya soal salah dalam meletakkan berbagai peralatan, Bun. Berikut ini 5 kesalahan lain yang jarang kita sadari saat menata dapur rumah minimalis, dilansir Kataak.


1. Tidak menerapkan aturan praktis

Salah satu aturan praktis yang paling penting dalam hal mendesain dapur adalah Segitiga Dapur. Tiga hal utama ini adalah wastafel, kompor gas, dan lemari es. Tata letak ini, berfungsi sebagai segitiga yang menciptakan area kreativitas terbesar untuk kenyamanan bekerja di dapur. Sebagai pedoman umum, jarak antara ketiganya harus kurang dari 4 kaki dan tidak lebih dari 9 kaki. Hanya saja, sebagian besar orang tidak menganggap aturan tata letak segitiga dapur ini sebagai kesalahan umum di sebagian besar desain dapur modern.

2. Mengabaikan fungsionalitas

Sejumlah besar orang hanya fokus pada hasil akhir dan yang terlihat, namun kerap lupa tentang fungsionalitas. Sebagai contoh, pintu lemari berbenturan dengan pintu mesin pencuci piring yang menyebabkan kit tidak dapat membuka keduanya sekaligus. Jadi selain dari tampilan, penting juga untuk mengatur penempatan dan fungsionalitas.

3. Luas area yang kurang untuk penempatan meja

Salah satu keluhan terbesar mengenai desain dapur adalah tidak memiliki area yang tepat untuk menyimpan meja. Pertama-tama, evaluasi bagaimana meja nantinya digunakan dan butuh ruang sebesar apa. Ruangan yang sempit karena memaksakan kehadiran meja menyebabkan pekerjaan terbatas dan gerak tidak nyaman. Secara umum pikirkan keadaan ruangan, persyaratan, dan anggaran. Namun jika bisa, memang sebaiknya miliki ruang yang cukup agar gerak di dapur leluasa.

Dapur Minimalis Bergaya KoreaDapur Minimalis Bergaya Korea/ Foto: Istimewa

4. Tidak memiliki backsplash

Tidak memasang backsplash adalah keputusan yang buruk. Karena ini berfungsi sebagai pengaman untuk dinding dan juga membuatnya terlihat cantik dan rapi.

Backsplash melindungi dinding dari lemak, panas, uap, dan tumpahan lainnya yang dapat merusak tampilan atau merusak lapisan dinding. Tidak memakai backsplash membuat kita akan selalu melakukan pembersihan atau perbaikan. Backsplash juga merupakan salah satu ide desain dapur terbaik karena menonjolkan tampilan dapur.

5. Tidak memiliki pencahayaan yang tepat

Pencahayaan adalah salah satu bagian penting dalam setiap desain dapur. Dapur membutuhkan lebih banyak pencahayaan, terutama di atas area menyiapkan makanan. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan lampu gantung yang bisa menerangi setiap sisi ruangan.

Simak juga tips rumah minimalis dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi