sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tips Membuat Dapur Outdoor di Rumah Minimalis

Arina Yulistara Minggu, 11 Jul 2021 03:00 WIB
Biar semakin semangat masaknya, yuk buat dapur outdoor di rumah minimalis. Berikut tips membuat dapur outdoor agar tak bosan masak selama PPKM. caption

Apa rumah minimalis Bunda memiliki sedikit outdoor space di area belakang rumah? Atau mungkin bagian depan? Jika ada outdoor space, yuk manfaatkan untuk membuat dapur luar portable yuk!

Adanya dapur outdoor bisa membantu menghilangkan kebosanan saat harus masak setiap hari di rumah, mengingat kasus COVID-19 sedang meningkat pesat di Indonesia.

Ya, kini Bunda mungkin lebih sering masak dibandingkan membeli makanan di luar untuk mengurangi kontak dengan orang lain. Hal ini dilakukan menjaga kesehatan keluarga.


Biar semakin semangat masaknya, coba suasana baru dengan membuat dapur outdoor di rumah minimalis Bunda. Dapur outdoor bisa dibuat tidak harus dengan membangunnya secara permanen tapi hanya memanfaatkan lahan yang ada.

Berikut tips membuat dapur outdoor agar tak bosan masak selama karantina di rumah saja. 

1. Siapkan meja dapur portable

Untuk membuat dapur outdoor di rumah minimalis, hal utama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan meja dapur portable. Kini banyak meja dapur portable yang bisa beralih fungsi menjadi meja makan. 

Tidak hanya itu, meja dapur portable juga banyak yang sudah dilengkapi dengan roda sehingga mudah dipindahkan. Bahkan beberapa meja dapur juga telah dilengkapi dengan wastafel, Bunda.

2. Buat daftar makanan yang dimasak di luar ruangan

Dilansir dari The Spurce, Bunda bisa membuat daftar makanan yang akan dimasak di luar ruangan terlebih dahulu. Fungsinya apa? Untuk memudahkan Bunda melengkapi peralatan masak yang dibutuhkan untuk dapur outdoor.

Apa Bunda berencana hanya memasak makanan panggang di dapur outdoor? Atau mungkin ingin memasak menu lain menggunakan kompor?

Bunda bisa mulai menentukan perabotan yang akan digunakan dari daftar makanan tersebut. Misalnya saja butuh panggangan, gas, listrik, arang, oven, hingga kompor. 

Pikirkan pula jumlah maksimum orang yang makan di luar. Ini bisa membantu melakukan penyesuaian dengan tambahan beberapa piring dan perlengkapan makan lainnya.

3. Tetap ada wastafel

Wastafel menjadi bagian penting dari dapur outdoor di rumah minimalis Bunda. Namun tidak harus membuat wastafel permanen tapi bisa secara DIY. 

Sebagai contoh, Bunda bisa memanfaatkan air tetesan dari air conditioning (AC) di rumah minimalis untuk ditampung. Kemudian buatkan selang hingga bisa menjadi keran untuk wastafel buatan di dapur outdoor

Wastafel pada dapur outdoor tentu penting agar memudahkan Bunda memasak saat butuh air atau tempat mencuci tangan. Selain itu, Bunda juga tidak perlu bolak-balik masuk ke dalam rumah hanya untuk mengambil air. 

[Gambas:Video Haibunda]



TAMBAHKAN ATAP HINGGA JAUHKAN DARI CUCIAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!