sign up SIGN UP search


moms-life

Tips Menata Dapur Kecil di Rumah Minimalis agar Fungsional dan Estetis

Vauri Audia Minggu, 06 Jun 2021 04:00 WIB
Modern kitchen shelves with various food ingredients on white background caption

Bunda mungkin menginginkan dapur yang luas agar dapat menata kitchen set, rak bumbu dapur sampai berbagai dekorasi untuk membuat dapur rumah minimalis Bunda terlihat lebih menarik, tapi tak jarang keinginan tersebut terhalang luas terbatas.

Tenang, Bunda. Dapur yang kecil bukan berarti Bunda tidak bisa menyimpan banyak benda, lho. Bunda bisa manfaatkan sejumlah barang berikut untuk meminimalisir benda-benda dapur terlihat berantakan.

Banner Raeni Anak Tukang Becak CumlaudeBanner Raeni Anak Tukang Becak Cumlaude/ Foto: haibunda.com/Mia Kurnia Sari

Selain tertata rapi, benda-benda ini tetap terlihat estetik dan mudah dijangkau mata. Seperti apa lebih lengkapnya?


Dilansir dari sumber The Spruce, berikut ini beberapa tips mudah untuk memaksimalkan penataan dan penyimpanan alat-alat dapur di ruang dapur yang terbatas.

1. Membuat Pantry Berisi Toples Bahan Makanan

Pantry mungkin tidak jadi prioritas di rumah minimalis, apalagi jika lahan yang dimiliki cenderung sempit. Tapi coba saja untuk menyediakan satu rak khusus dan buat 'mini pantry' untuk menyimpan bahan makanan, Bunda.

Produk bahan makanan seperti pasta, cereal, tepung, dan semacamnya bisa Bunda simpan ke dalam toples dengan ukuran yang berbeda.

Menyimpan bahan makanan di dalam toples membuat makanan lebih awet serta dapur Bunda terlihat lebih rapi. Lalu, setiap toples bisa ditempatkan di salah satu dari dua rak dapur pantry, kemudian disusun rapi.

2. Manfaatkan Sudut Ruangan Menjadi Sudut Penyimpanan Dapur

Ubah sudut ruangan kecil di dapur Bunda dengan menambahkan papan masak untuk menggantung beragam peralatan dapur. Selain bisa memanfaatkan sudut ruangan kecil yang kosong, hal ini juga membuat tampilan sudut ruang yang penuh tak mudah dijangkau mata diluar dari akses ruangan dapur.

3. Ubah Laci Kosong Menjadi Rak Bumbu Dapur

Bunda yang hobi memasak bisa mengubah laci  kosong tak terpakai menjadi laci penyimpanan bumbu dapur. Ide ini tidak hanya dapat mengosongkan ruang kabinet, tetapi menyimpan bumbu dapur di tempat yang tertata rapi dan mudah dijangkau, sehingga membuat kegiatan memasak lebih mudah.

4. Meja Konsol Beroda

Meja konsol dengan ukurannya yang compact memungkinkan Bunda untuk menempatkannya di area sempit seperti dapur. Manfaatkan meja ini untuk menyimpan koleksi minuman ringan atau camilan lainnya yang tahan terhadap suhu ruangan normal.

5. Rak Ambalan Terbuka

Rak ambalan terbuka adalah solusi penyimpanan cerdas untuk dapur kecil yang tidak memiliki banyak ruang untuk menempatkan lemari gantung standar. Sebagai bonus, rak seperti ini memudahkan Bunda untuk mengambil piring, gelas, dan mug. 

Rak ambalan juga bisa diandalkan sebagai salah satu furnitur multifungsi di rumah minimalis. Selain bisa untuk penyimpanan, rak ambalan juga bisa sekaligus jadi dekorasi ruangan, Bunda.

Untuk tips lainnya, BACA HALAMAN SELANJUTNYA ya, Bunda!

PILIH RAK YANG TEPAT ADALAH KUNCI DAPUR RUMAH MINIMALIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!