sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Mengurangi Sampah Rumah Tangga di Era New Normal

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 12 Jun 2020 14:53 WIB
Sampah rumah tangga caption
Jakarta -

Indonesia kini memasuki fase new normal atau kenormalan baru dalam menghadapi virus Corona (COVID-19). Banyak perubahan yang terjadi, terutama konsumsi dan kebutuhan rumah tangga di setiap keluarga.

Perubahan kegiatan ini memicu kekhawatiran penumpukan sampah yang banyak, Bunda. Salah satunya, sampah rumah tangga yang dihasilkan dari aturan 'di rumah aja'.

Pakar Teknologi Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. DR. Ir. Enri Damanhuri mengatakan, sampah rumah tangga mengalami kenaikan selama pandemi karena aktivitas masyarakat di rumah.


"Sampah kota dalam penanganan, tapi yang naik adalah sampah rumah tangga," kata Enri dalam Webinar Menjaga Kesehatan Lingkungan Indonesia dari Rumah saat New Normal via Zoom, baru-baru ini.

Selain itu, penggunaan plastik dari pengiriman makanan juga meningkat hingga dua kali lipat. Padahal 90 persen plastik itu sulit di daur ulang dan bisa menjadi pembawa virus yang menempel selama 3 hari.

Dalam mengurangi sampah rumah tangga, cara paling bijak adalah memilih dengan benar suatu produk. Kita sebaiknya membeli produk yang ramah lingkungan untuk membantu mengurangi dampaknya, Bunda.

Enri menyarankan bagi setiap rumah tangga untuk menangani sampah secara mandiri. Jika memungkinkan, sampah yang terkumpul dipilih dan diberikan ke bank sampah di dekat rumah.

Sampah rumah tangga5 Tips Mengurangi Sampah Rumah Tangga di Era New Normal/ Foto: iStock

Dalam kesempatan yang sama, Founder & Executive Director Divers Clean Action, Swietenia Puspa Lestari mengatakan bahwa kita harus mulai mengubah gaya hidup di era kenormalan baru ini. Salah satunya menjadi inovator dan mengedukasi anak-anak kita sendiri, Bunda.

"Terus edukasi anak untuk menjadi inovator, karena kalau kita enggak mengandalkan inovasi, perubahan itu sangat sulit," ujar wanita yang disapa Tenia ini.

Nah, buat Bunda di rumah, Tenia membagikan sejumlah tips untuk mengurangi sampah rumah tangga. Berikut ini 5 tips mengurangi sampah rumah tangga sambil tetap menjaga lingkungan, dan melakukan pencegahan COVID-19 di era kenormalan baru:

1. Untuk sampah pokok, misalnya bekas popok atau pembalut harus dibersihkan dengan benar agar tidak menjadi pembawa virus di rumah.

2. Belanja ke pasar selalu membawa kantong belanja sendiri. Setelah sampai rumah, tas langsung dicuci.

3. Kalau menggunakan jasa delivery, pilih yang tidak menggunakan plastik sekali pakai.

4. Bawa bekal sendiri bagi yang sudah bekerja atau anak yang akan masuk sekolah.

5. Siapkan botol sabun kecil untuk dibawa anak, sehingga mudah digunakan untuk cuci tangan.

Tenia juga menekankan penggunaan galon sebagai cara untuk mengurangi sampah plastik di rumah. Sampah dapur organik juga dapat didaur ulang menjadi kompos untuk menanam tumbuhan.

Simak juga cara membuat kerajinan dari plastik bekas, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/kuy)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!