sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Memilih Mesin Cuci, Ukuran hingga Fungsi dan Fitur

Asri Ediyati Selasa, 23 Jun 2020 08:07 WIB
one coloured one white pile of washing caption
Jakarta -

Ketika Bunda ingin membeli mesin cuci baru, pastikan tidak asal beli. Sesuaikan dengan kebutuhan Bunda, apakah mesin cuci itu digunakan harian atau mingguan. Lalu, seberapa banyak pakaian yang harus dicuci?

Membeli mesin cuci juga bukan hanya tentang seberapa baik mesin cuci itu membersihkannya. Kemudian, memilih mesin cuci bukan hanya soal harga. Ya, karena yang murah belum tentu buruk, yang mahal belum tentu baik untuk Bunda.

Nah, jika Bunda ingin membeli mesin cuci baru namun bingung mana yang harus dipilih, berikut lima tips memilih mesin cuci:


1. Ukuran

Dilansir Domain, mulailah dengan mengukur ruang instalasi, pastikan Bunda memperhatikan kedalaman ruang, karena ukuran mesin cuci sering bervariasi. Tambahkan satu atau dua sentimeter untuk celah, pertimbangkan bagaimana pintu akan terbuka, dan jangan lupa untuk mengukur area akses sebelum mesin cuci dikirim.

2. Tipe

Jika ruang laundry Bunda terbatas, mesin cuci front loading mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan dan lebih murah untuk dijalankan. Keunggulan front loading yang lain adalah bahwa mesin cuci ini cenderung lebih lembut saat mencuci pakaian.

Nah, jika Bunda sering mencuci dan memiliki ruang laundry yang luas, maka top loading mungkin lebih sesuai dengan kebutuhan. Bagaimana dengan mesin cuci dua tabung? Mesin cuci yang ini cocok juga jika Bunda memiliki ruang laundry yang luas.

Promo Diskon Mesin Cuci di Transmart dan CarrefourIlustrasi mesin cuci di toko/ Foto: Dok. Transmart Carrefour

3. Kapasitas

Ukuran drumĀ mesin cuci berkisar dari 5 kg hingga 16 kg. Sebagai panduan untuk kapasitas, satu pakaian lengkap biasanya setara dengan sekitar 1kg. Mesin cuci bakal bekerja secara efisien saat membawa beban penuh, jadi disarankan pilih drum berkapasitas tinggi jika Bunda memiliki anggota keluarga yang banyak. Sementara pilih drum yang lebih kecil jika anggota keluarganya sedikit.

4. Efisiensi air dan energi

Ingin menghemat uang dan lebih ramah lingkungan? Carilah peringkat Energy Star dari 10 dan skor WELS (Water Efficiency Labeling Scheme) dari nol hingga enam bintang. Semakin banyak bintang, semakin baik.

Mesin hemat energi mungkin lebih mahal sekarang, tetapi lebih baik untuk dompet Bunda dan bumi di masa depan. Mengutip dari Good Housekeeping, tipe front loading cocok untuk Bunda yang ingin menghemat air.

5. Fungsi dan fitur

Carilah fungsi dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan Bunda, misalnya, fitur cuci tangan, cuci cepat, cuci pakaian bayi, cuci pakaian olahraga, child lock, atau sensor otomatis.

Jika Bunda sibuk, mungkin ada baiknya berinvestasi diĀ mesin cuci dengan fitur delay timer. Dengan begitu Bunda dapat mengatur waktu mencuci hingga selesai saat tiba di rumah dan untuk menghindari bau apek.

Simak juga tips mencuci pakaian dalam agar bebas jamur:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi