sign up SIGN UP search


moms-life

3 Cara Membersihkan Mesin Cuci, Gosok Bagian Dalam dan Luarnya Bun

Mutiara Putri   |   Haibunda Kamis, 16 Jun 2022 11:20 WIB
Laundry room with white wall,wooden floor and flowers. 3d illustration caption
Jakarta -

Mesin cuci adalah alat rumah tangga yang selalu dipakai setiap harinya, Bunda. Karena itu, tak heran kalau mesin cuci Bunda terlihat kotor.

Bukan tanpa alasan, seluruh kotoran yang menempel pada pakaian secara tidak langsung akan berpindah ke bagian dalam mesin cuci, Bunda. Kalau mesin cuci tidak dibersihkan dan dirawat secara rutin, mesin cuci Buna tentu akan berjamur dan berlumut.

Kalau mesin cuci kotor dibiarkan terlalu lama, pakaian yang dicuci juga akan menjadi bau karena residu yang ditinggalkan oleh mesin cuci. Wah, pakaian yang dicuci malah tambah kotor nih, Bunda.


Melansir dari laman Express, ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk menjaga kebersihan mesin cuci agar mesin cuci jadi awet dan bersih dalam waktu yang lama. Salah satunya adalah membiarkan tutupnya terbuka.

Setelah mencuci baju, biarkan pintu atau tutup mesin cuci terbuka, Bunda. Hal ini sangat penting dilakukan karena ada kemungkinan air yang tersisa akan menguap dan menyebabkan jamur.

Banner Bumil dan Janin Lapar

Tak hanya itu, setelah mencuci, segera keluarkan pakaian dari dalam mesin cuci secepat mungkin. Gunakan juga sabun dan pelembut yang sesuai dengan pakaian.

Tips membersihkan mesin cuci

Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk membersihkan mesin cuci yang sudah terlanjur kotor nih, Bunda. Mengutip dari laman Homes and Gardens, berikut ini deretan langkahnya.

1. Gunakan cuka dan minyak esensial

Bunda bisa menambahkan dua cangkir cuka putih ke tempat detergen pada mesin cuci, nih. Setelah itu, jalankan siklus panas dan kosong. Perpaduan air cuka dan panas bisa menghilangkan dan mencegah pertumbuhan bakteri, lho.

Tak hanya itu, Bunda juga bisa menambahkan pewangi dengan 10 tetes minyak esensial. Aroma yang direkomendasikan pun berupa tea tree atau lavender.

Minyak esensial ini sangat baik untuk membasmi jamur, endapan mineral, serta berperan sebagai disinfektan ringan.

Bunda masih ingin melihat lebih lanjut tips membersihkan mesin cuci yang lainnya? Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Jangan lupa lihat juga video cara mudah membersihkan wastafel mampet berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIPS MEMBESIHKAN MESIN CUCI YANG LAINNYA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!