sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Perlu Tahu, 5 Tips Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik dan Awet

Yuni Ayu Amida Senin, 29 Jun 2020 16:33 WIB
one coloured one white pile of washing caption
Jakarta -

Saat ini, bisa dikatakan bahwa mesin cuci merupakan salah satu perangkat rumah tangga yang wajib ada. Hal ini karena kehadiran mesin cuci sangat membantu dalam efisiensi tenaga dan waktu.

Nah, sebaiknya, saat Bunda memutuskan membeli mesin cuci, tidak dengan asal-asalan ya. Karena mesin cuci adalah perangkat yang digunakan untuk jangka waktu panjang.

Dijelaskan Mark Allwood, seorang analis pasar untuk mesin cuci, memilih mesin cuci jangan hanya berdasarkan model terbaru. Karena meskipun model terbaru kadang menarik, namun belum tentu sesuai dengan kebutuhan.


"Naluri Anda mungkin mencari model-model terbaru. Setelah itu teknologi terbaru itu bisa membersihkan pakaian Anda sesuai yang Anda mau? Belum tentu," kata Allwood, dilansir Consumer Reports.

Allwood membenarkan bahwa setiap tahun mungkin ada inovasi baru terhadap teknologi mesin cuci. Hanya saja, tidak selamanya teknologi tersebut bisa benar-benar membantu atau dibutuhkan. Jadi sebaiknya pilihlah mesin cuci yang benar-benar tepat untuk kebutuhan.

Lebih lanjut, berikut ini beberapa tips memilih mesin cuci hemat listrik dan awet, dilansir berbagai sumber.

1. Pilih mesin cuci front loading

persons hand put dirty clothes in the washing machinepersons hand put dirty clothes in the washing machine/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Михаил Руденко

Salah satu cara untuk menghemat energi listrik dalam pemakaian mesin cuci adalah dengan memilih mesin cuci model front loading, Bunda, atau mesin cuci dengan bukaan di depannya. Mesin cuci model ini bisa menggunakan 60 persen lebih sedikit energi dan air.

Selain itu, pastikan mesin cuci memiliki fitur yang berfokus pada efisiensi. Seperti fitur penghitung waktu yang dapat diprogram, fitur pengaturan siklus air, dan juga fitur kecepatan putaran.

2. Perhatikan label energi

Mesin cuci biasanya dilengkapi dengan skema peringkat energi, yang berarti bahwa semua model harus menampilkan peringkat bintang berdasarkan efisiensi energinya. Jadi sebelum membeli mesin cuci, Bunda mesti mengecek berapa peringkat energi mesin cuci tersebut.

Demikian juga, mesin cuci juga dinilai berdasarkan efisiensi air. Efisiensi air akan dimasukkan dalam tagihan energi, terutama ketika kita menggunakan banyak air saat mencuci.

3. Pilih kapasitas sesuai kebutuhan

Apakah Bunda menggunakan mesin cuci untuk laundry atau hanya untuk keperluan rumah tangga? Sesuaikan kapasitas mesin cuci sesuai kebutuhan, Bunda.

4. Pilih mesin cuci dengan fitur minimal

Fitur-fitur pada mesin cuci ternyata bisa memengaruhi energi listrik yang digunakannya lho, Bunda. Itu sebabnya pilihlah mesin cuci dengan fitur minimal. Dengan fitur yang tidak terlalu banyak, operasional mesin cuci akan lebih praktis dan hemat listrik.

5. Gunakan dengan benar

Cara Bunda menggunakan mesin cuci juga akan memengaruhi penggunaan energi dan juga ketahanan mesin cuci. Pastikan Bunda mencuci ketika muatan pakaian di keranjang penuh, ini agar tidak perlu mencuci terlalu sering, yang pada akhirnya akan membuang banyak energi listrik. Namun pastikan pula untuk tidak memasukkan pakaian dalam mesin cuci melampaui kapasitas mesin cuci.

Bunda juga harus menggunakan mesin cuci secara benar. Baca aturan pakai dan patuhi.

Simak juga tips simpan daun jeruk dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi