sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda Perlu Tahu, 5 Tips Sehat Makan Mi Instan

Kurnia Yustiana Sabtu, 27 Jun 2020 12:57 WIB
Olahan mie instan caption
Jakarta -

Mi instan menjadi salah satu makanan yang digemari di Indonesia. Bahkan Indonesia tercatat sebagai negara kedua di dunia yang paling banyak mengonsumsi mi instan.

Dalam data dari World Instant Noodle Association, pada 2019 sebanyak 12.520.000.000 porsi mi instan yang dikonsumsi di Indonesia. Jumlah ini jauh lebih banyak dibanding negara lain yang penduduknya juga gemar mi instan, seperti India dan Jepang.

Mi instan sendiri memang kerap dikaitkan dengan dampak buruk bagi kesehatan. Misalnya saja dari kandungan sodium/natrium yang tinggi.


Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Hypertension tahun 2014, ditemukan bahwa konsumsi natrium yang tinggi menjadi salah satu faktor utama dalam tingkat kematian yang tinggi dalam 23 studi kasus terakhir. Natrium tambahan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

Walau begitu, buat yang ingin sekali satu dua kali menikmati mi instan, ada tips yang bisa dicoba untuk mengonsumsinya dengan lebih sehat. Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (27/6/2020), berikut ini tips sehat makan mi instan:

1. Ganti air rebusan mi instan

Bunda yang memasak mi instan kuah, sebaiknya jangan konsumsi air rebusan pertamanya. Kandungan lilin pada mi instan disebut akan meleleh ketika direbus. Sebaiknya ganti air rebusan dengan air panas biasa sebagai kuah mi instan.

2. Kurangi bumbu mi instan

Dalam sebungkus mi instan, umumnya sudah dilengkapi dengan bumbu. Namun, kandungan sodium dalam bumbu inilah yang begitu tinggi. Dikutip dari situs Michigan State University Extension, kandungan sodium dalam bumbu mi instan melebihi rekomendasi Dietary Guidelines for American 2015-2020.

Lebih baik kurangi penggunaan bumbu mi instan atau sekalian saja tak perlu dipakai. Ganti bumbu instan dengan bahan-bahan lebih sehat yang Bunda punya di rumah. Buatlah bumbu sendiri dari bahan seperti bawang merah, bawang putih, minyak wijen, pasta miso, kari Thailand, bubuk kari Jepang, dan lain sebagainya.

Instant noodle and spicy seasoning in white bowl with chopstickIlustrasi/ Foto: Istock

3. Beri sayuran

Sayuran mengandung nutrisi penting bagi tubuh, seperti kalium, serat, folat, hingga beragam vitamin. Jadi Bunda bisa menambah sayuran dalam seporsi mi instan agar lebih sehat.

4. Tambahkan topping yang mengandung protein

Selain sayuran, tambahkan pula makanan yang mengandung protein. Bunda pilih saja topping favorit, baik itu telur, potongan daging ayam maupun sapi. Agar rasanya lebih nikmat, daging bisa ditumis dulu sebelum dicampur ke mi instan.

5. Jangan makan mi instan tiap hari

Meskipun sudah menerapkan cara makanĀ mi instan agar lebih sehat, tapi sebaiknya Bunda jangan terlalu sering makan mi instan. Hal ini demi menjaga kesehatan tubuh.

"Pada orang yang normal tetap jangan makan mi instan setiap hari, apalagi sekali makan langsung dua, tapi harus dibatasi setidaknya sekali dalam seminggu karena mi instan itu tidak sehat," kata dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, dokter gizi dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, dikutip dariĀ detikcom.

Simak juga video mengolah mi dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi