sign up SIGN UP search


moms-life

Ingin Membuat Kolam Ikan di Rumah Minimalis? Lakukan 3 Hal Ini

Asri Ediyati Senin, 29 Jun 2020 05:00 WIB
Kolam ikan caption
Jakarta -

Kolam ikan bisa bermanfaat untuk relaksasi bagi penghuni rumah minimalis. Mendengar gemericik air dan melihat ikan yang berenang bisa membuat hati tenang. Di Indonesia sendiri banyak rumah yang memiliki kolam ikan.

Meski terkesan sepele, maintenance atau perawatan kolam ikan tak semudah yang kita kira. Untuk itu, sebelum membuat kolam ikan, terutama di rumah minimalis, ada beberapa hal yang perlu Bunda perhatikan.

Yuk, Bunda simak apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membuat kolam ikan di rumah minimalis, dikutip dari Pond Clinic:


1. Buat rencana

Jika Bunda mempertimbangkan untuk membuat kolam sendiri, maka Bunda akan memerlukan rencana untuk memastikan semua sesuai yang diinginkan, juga sesuai pada anggaran atau bujet.

Ya, kebanyakan orang membuat keputusan setelah mereka melihat karya orang lain. Tapi dalam kebanyakan kasus, banyak yang harus mendesain ulang kolam. Hal ini karena belum tentu desain kolam ikan yang kita lihat dari orang lain cocok untuk lanskap rumah sendiri.

Kolam ikanKolam ikan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/mtreasure

2. Periksa persyaratan teknis desain

Di sinilah Bunda harus selalu meminta pendapat profesional. Profesional atau ahli bisa melakukan perhitungan untuk bagian teknik taman air Bunda, dan memberi daftar tertulis semua bahan yang akan diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan, termasuk batu, kerikil, tanaman, ikan, dan produk lanskap lainnya.

3. Pemilihan tanaman hias dan ikan

Waktu yang tepat untuk memilih tanaman dan ikan adalah ketika kolam ikan sudah jadi. Jangan lupa sesuaikan tanaman hias dan ikan dengan ukuran kolam. Dilansir laman Decker's Pondscapes, besar kolam amat menentukan dalam memilih ikan hias.

Misalnya Bunda pilih ikan koi, maka Bunda harus memastikan bahwa kolam ikan itu memberi ikan cukup ruang untuk tumbuh. Artinya, bahwa kolam cukup besar dan cukup dalam untuk menampung jumlah ikan yang ingin ditampung.

Simak juga tips menata teras sempit terlihat luas:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi