sign up SIGN UP search

moms-life

Cuma 5 Langkah! Cara Mudah Membuat Kolam Ikan di Rumah Minimalis

Mutiara Putri Senin, 24 May 2021 03:02 WIB
Back Yard Pond. caption
Jakarta -

Membuat kolam ikan di rumah minimalis mungkin salah satu hal yang mustahil ya, Bunda. Selain lahan yang tak mencukupi, memaksa membuat kolam ikan di rumah minimalis justru akan membuat rumah Bunda semakin sempit.

Kalau Bunda memiliki lahan sisa yang bisa dimanfaatkan sebagai kolam ikan, Bunda bisa lho membuat kolam ikan sendiri di rumah. Tentunya dengan bantuan tenaga ayah ya, Bunda.

Sebelum membangun kolam ikan, ada beberapa perlengkapan yang Bunda butuhkan, nih. Misalnya sekop, selang taman, terpal liner, papan kayu, batu bata, pasir, dan tentunya semangat yang membara.


Ada cara mudah membangun kolam ikan di rumah minimalis nih, Bunda. Dilansir dari laman Instructables, berikut ini adalah cara mudah membuat kolam ikan di rumah minimalis hanya dengan lima langkah.

Banner Penyakit Ain

1. Menggali lubang

Hal pertama yang Bunda harus lakukan untuk membuat kolam ikan adalah menggali lubang yang bagus. Galilah lubang dengan kira-kira kedalaman tidak lebih dari 50 cm, Bunda. Bunda juga bisa menggunakan selang air untuk memperkirakan bentuk kolam ikan yang Bunda inginkan.

Saat Bunda mulai menggali sisi lurus ke bawah, tetaplah berhati-hati dan jangan sampai merusak bagian dinding agar kolam ikan menjadi kokoh nantinya.

Periksa juga bebatuan dan akar yang mungkin akan menghancurkan lapisan kolam Bunda. Setelah mengikis dengan sekop, raba kembali seluruh area kolam dan coba gali lagi bebatuan kecil lagi dengan sekop sampai semua dipastikan rata sempurna.

Gunakan papan kayu di bagian permukaan air untuk memastikan sisi yang Bunda buat sejajar dengan kolam. Selanjutnya, tempatkan alas di dalam lubang. Bunda bisa gunakan pasir di bagian tepi. Bunda juga bisa gunakan koran lembab atau karpet.

Pikirkan juga tentang ikan yang akan dimasukkan ke dalam kolam, Bunda. Ikan koi memang cantik tapi dari segi ukuran takkan cocok untuk kolam di rumah minimalis Bunda.

2. Letakkan terpal liner di lubang

Setelah selesai menggali lubang, langkah selanjutnya Bunda harus meletakkan terpal liner di atas lubang. Cobalah untuk tidak menyeret liner terlalu banyak agar Bunda bisa mendapatkan tampilan yang rapi.

Dorong dengan lembut ke semua sudut, Bunda. Bunda mungkin membutuhkan selotip untuk merekatkan beberapa lipatan. Setelahnya, gunakan batu bata atau batu lainnya untuk menahan liner tetap rapi di sekeliling kolam.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Bunda, intip juga video konsep rumah putih yang minimalis tapi luas berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

MASUKKAN AIR HINGGA POSISIKAN BATU
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!