sign up SIGN UP search


moms-life

5 Cara Menyimpan Gula Merah di Dapur agar Tak Mengeras

Asri Ediyati Selasa, 30 Jun 2020 05:40 WIB
gula merah caption
Jakarta -

Tahukah Bunda, gula merah bisa mengeras jika tidak disimpan dengan benar? Ya, gula merah bisa mengeras setelah terkena udara karena dilapisi molase. Apa itu?

Dilansir Spoon University, molase adalah sirup kental berwarna coklat yang diperoleh saat memurnikan gula. Begitu terpapar ke udara, uap air yang melapisi molase menguap dan memungkinkan butiran gula saling menempel.

Ketika molase mengering, gula merah mengeras dan berubah jadi sepotong gula padat. Nah, jangan sampai gula merah mengeras ya, Bunda. Meskipun masih bisa digunakan, tetapi jika keras akan sulit dipotong atau dikeluarkan dari jar (jika gula merah dalam bentuk bubuk).


Supaya tidak mengeras, berikut cara menyimpan gula merah yang tepat, dikutip dari The Kitchnn:

1. Gunakan wadah kedap udara

Wadah dengan tutup yang pas atau bahkan kantong plastik zip lock bisa membantu menjaga gula merah tetap moist (lembap) dan tidak berubah jadi batu.

2. Lempeng terracotta (tanah liat)

Yang satu ini kurang umum di Indonesia. Tapi, Bunda bisa menemukan lempeng terracotta kecil ini di e-commerce. Cara pakainya, cukup rendam lempeng dalam air dan tutup bersama gula merah untuk membantu melembutkan.

3. Marshmallow

Percaya atau tidak, menaruh beberapa marshmallow ke dalam toples gula merah bisa menjaganya tetap lembut dan tidak mengeras seperti batu.

Indan palm sugar or jaggeryilustrasi gula merah/ Foto: iStock

4. Sepotong roti

Ini adalah metode yang paling mudah. Sama halnya seperti marshmallow, sepotong roti bisa menjaga gula merah awet dan tidak mengeras. Tapi, Bunda jangan lupa untuk selalu mengganti rotinya ya.

5. Irisan apel

Gula merah akan menarik kelembapan irisan apel. Alhasil, gula merah tetap lembut dan tidak mengeras seperti batu.

Tips tambahan, jika Bunda terburu-buru dan membutuhkan gula merah yang sudah terlanjur keras, coba gunakan metode microwave dengan kain lembap.

Selamat mencoba.

Simak juga video resep yogurt gula merah:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi