sign up SIGN UP search


moms-life

Cara Menyimpan Kentang Sudah Dikupas agar Tak Berubah Warna

Asri Ediyati Sabtu, 27 Jun 2020 14:41 WIB
Sambal Goreng Kentang Ati caption
Jakarta -

Jika Bunda mengupas kentang, mungkin sekitar 10 menit, kentang akan berubah warna menjadi kecoklatan atau keabu-abuan. Mengapa demikian? Kentang cepat berubah warna ternyata karena penuh dengan pati, starch.

Mengutip Taste of Home, pati yang terkandung dalam kentang ini bila terkena udara akan mengubah waran kentang. Pati tersebut mengalami proses yang disebut oksidasi. Sebenarnya tak masalah dan aman dimakan, namun membuat selera makan kita berkurang.

Bagaimana cara menyimpan kentang yang sudah dikupas agar tidak berubah warna? Ada beberapa cara untuk mencegah kentang kupas agar tidak berubah warna menjadi kecoklatan.


1. Rendam di air dingin

Agar kentang tetap utuh dan tidak berubah warna setelah dikupas, rendam dengan air dingin sampai Bunda siap menggunakannya. Jika Bunda ingin segera merebusnya, bisa melakukannya begitu selesai megupas.

Trik ini bahkan berfungsi dalam semalam, selama kentang didinginkan dalam air. Dengan merendam kentang di air dingin, maka udara yang mengoksidasi pati akan terhalang.

2. Gunakan jus lemon atau cuka

Vitamin C yang terkandung dalam jus lemon bisa memutihkan lagi kentang yang berwarna kecoklatan dengan mengubah pH. Selain jus lemon, Bunda juga bisa menggunakan cuka. Asam yang terkandung dalam jus lemon atau cuka juga mengeluarkan pati di dalamĀ kentang sehingga tidak teroksidasi.

PotatoesIlustrasi kentang/ Foto: iStock

3. Gabungkan kedua metode di atas

Ya, Bunda bisa menggabungkan kedua metode di atas jika ingin disimpan. Gabungkan kedua metode ini dengan merendam kentang dalam mangkuk berisi air dingin yang dicampur dengan cuka atau jus lemon.

4. Vakum

Cara yang satu ini jelas membuat kentang awet. Vakum bungkus kentang yang sudah dikupas atau diparut untuk mencegah udara menyebabkan perubahan warna.

Simak juga video soal cara menyimpan bawang putih agar awet:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi