sign up SIGN UP search


moms-life

5 Persiapan Penting untuk Bunda yang Ingin Mulai Hobi Bersepeda

Siti Hafadzoh Senin, 27 Jul 2020 18:42 WIB
Valencia, Spain; 6th May 2020: People walking and playing sports during the coronavirus pandemic in the time slot allocated by the Government. Walking and individual sport activities are allowed with some limitations and respecting social distancing measures caption
Jakarta -

Semenjak era kenormalan baru alias new normal, banyak orang punya hobi baru. Salah satunya adalah bersepeda.

Bersepeda adalah hobi yang menyenangkan dan bermanfaat lho. Naik sepeda dapat meningkatkan kebugaran tubuh Bunda.

"Anda mendapatkan manfaat kardiovaskular yang sama dari bersepeda dengan yang Anda dapatkan dari segala bentuk latihan aerobik lainnya," kaya Lisa Callahan, MD, direktur medis Women's Sports Medical Center dikutip dari Healthy Women.


Mengendarai sepeda dapat memperkuat paha dan pinggul. Selain itu, bersepeda membantu menjaga tulang rawan dan sendi.

Nah, melihat manfaatnya, apakah Bunda tertarik untuk memulai hobi bersepeda? Kalau ya, ada beberapa persiapan yang perlu Bunda lakukan nih.

Dilansir I Love Bicycling, ini 5 persiapan untuk Bunda yang ingin memulaiĀ hobi bersepeda:

1. Nutrisi

Nutrisi adalah salah satu bagian hidup sehari-hari yang penting ketika Bunda ingin mulai bersepeda. Pengendara sepeda profesional, Tiffany Cromwell merekomendasikan Bunda untuk makan sehat.

Bunda harus makan secara teratur, serta makan ketika akan bersepeda supaya perut tidak kosong. Asupan yang penting untuk Bunda adalah sayuran hijau, karbohidrat, protein, dan air.

Valencia, Spain; 6th May 2020: People walking and playing sports during the coronavirus pandemic in the time slot allocated by the Government. Walking and individual sport activities are allowed with some limitations and respecting social distancing measuresIlustrasi bersepeda/ Foto: iStock

2. Pakaian

Banyak wanita lebih suka pakai baju ketat dan celana pendek ketika bersepeda. Ternyata, ini ada alasannya tersendiri lho.

Baju yang ketat akan mencegah kain mengepak ketika Bunda mengendarai sepeda. Dengan pakaian yang ketat, Bunda akan mengendarai sepeda dengan lebih cepat.

3. Pelana (saddle)

Pelana atau yang biasa kita kenal dengan sebutan saddle sangat penting ketika bersepeda. Ini akan menentukan kenyamanan Bunda,

Beberapa orang lebih suka saddle yang empuk. Tapi, yang lainnya lebih nyaman dengan saddle keras.

Nah, sebelum membeli saddle yang baru, sebaiknya Bunda mencoba sepeda milik teman atau orang lain dulu ya. Sehingga, Bunda bisa tahu saddle mana yang lebih nyaman.

4. Bersepeda bersama pria

Kalau ragu untuk mulai bersepeda, Bunda bisa mengajak pasangan untuk melakukan olahraga ini bersama. Berkendara dengan pria akan membantu Bunda meningkatkan kebugaran jauh lebih efektif lho dibandingkan sendirian. Selain itu, Bunda juga akan merasa aman ketika ada yang menemani bersepeda.

5. Percaya diri

Mulailah bersepeda di area yang lebih sepi dan tenang dulu. Setelah itu, baru meningkat ke daerah yang lalu lintasnya ramai dan padat.

Supaya Bunda percaya diri bersepeda di jalan raya, percayalah bahwa orang akan memberikan jalan untuk pengendara sepeda. Mereka tidak akan dengan sengaja menabrak Bunda kok.

Lihat juga video cara menjadikan hobi menjadi bisnis di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi