sign up SIGN UP search


moms-life

5 Ide Hobi untuk Bunda Berusia 30-an, Tak Perlu Keluar Rumah

Siti Hafadzoh Sabtu, 01 Aug 2020 12:19 WIB
Close up on woman's hands knitting 5 Ide Hobi untuk Bunda Berusia 30 Tahunan, Tak Perlu Keluar Rumah/ Foto: iStock
Jakarta -

Di usia 30 tahunan, Bunda mungkin sudah tidak punya banyak waktu untuk melakukan hobi lama. Misalnya, hobi naik gunung atau traveling.

Nah, sudah saatnya Bunda mencari hobi baru di usia 30 tahunan. Tentunya, hobi ini bisa sejenak melepas stres tapi tanpa harus pergi jauh atau meninggalkan rumah.

Tidak ada salahnya kan untuk coba mencari hobi baru di usia 30 tahunan? Dilansir Parenting Firstcry, berikut 5 hobi untuk Bunda yang berusia 30 tahunan:


1. Berkebun

Berkebun bukan hanya menyiram tanaman supaya tetap hidup ya, Bunda. Hobi yang satu ini mencakup belajar bagaimana menanam tumbuhan dari bibit dan memeliharanya.

Bunda bisa belajar hal baru, yaitu menanam tumbuhan. Pengetahuan lainnya yaitu Bunda bisa melihat berbagai jenis tanaman.

Nah, Bunda bisa membuat kebun bunga, sayur, atau rempah. Kalau memilih kebun bunga, Bunda bisa mendapatkan manfaat keindahannya untuk rumah.

Sedangkan, beberapa wanita lebih memilih membuat kebun sayur atau rempah. Selain mempercantik rumah, Bunda bisa memanen tanaman untuk konsumsi sehari-hari lho.

2. Memasak dan membuat kue

Beberapa wanita merasa senang ketika memasak dan membuat kue. Hobi memasak dan membuat kue ini termasuk dalam sebuah seni lho.

Untuk Bunda yang hobi memasak, coba deh cari tantangan baru. Misalnya, mencoba resep-resep baru atau membuat inovasi makanan.

Seorang terapis seni kuliner Michal AviShai mengatakan, memasak adalah kegiatan yang banyak dampak positifnya. Salah satunya bisa membantu mengikat kita dengan orang yang kita cintai, misalnya keluarga.

"Bahkan lebih dari itu, karena makan adalah kebutuhan untuk bertahan hidup. Jadi, memberikan makanan pada orang lain akan memunculkan perasaan puas, bukan hanya karena memberi, tapi juga fakta kita telah membantu dengan cara mendasar," kata AviShai, dikutip dari Huffington Post.

Ilustrasi memasak di dapurIlustrasi memasak di dapur/ Foto: iStock

3. Menjahit dan merajut

Apakah Bunda tertarik untuk memulai hobi yang satu ini? Jika belum tahu cara menjahit dan merajut, Bunda bisa mengikuti kelas kursus untuk pemula lho.

Bukan hanya memberikan kesenangan, hobi ini juga bisa memberikan manfaat untuk Bunda dan keluarga lho. Bunda bisa menjahit baju lebaran untuk anak atau merajut sweater untuk keluarga.

Selain itu, kalau sudah bisa menjahit atau merajut, Bunda bisa membuka bisnis. Misalnya, menjual hasil jahitan atau rajutan yang Bunda buat.

Hobi ini terdengar menarik ya, Bunda. Jadi, ayo mulai mencoba hobi menjahit dan merajut.

4. Membaca dan menulis

Membaca adalah hobi yang dilakukan oleh banyak orang. Hobi ini bisa membuat Bunda lebih rileks lho.

Ada berbagai jenis buku yang dapat mulai Bunda baca. Mulai dari fiksi yang ringan hingga buku pengetahuan yang cenderung berat.

Setelah membaca, apakah Bunda semakin tertarik membuat tulisan sendiri? Nah, cobalah mulai menjadikan menulis sebagai hobi.

Bunda bisa menuangkan pemikiran lewat tulisan. Kemudian, kalau ingin dibaca banyak orang, unggah tulisan Bunda ke blog atau platform khusus tulisan.

5. Membuat perhiasan

Sebagian besar wanita menyukai perhiasan, seperti gelang, kalung, atau cincin. Perhiasan ini terbuat dari beragam bahan, misalnya logam mulia atau manik-manik.

Untuk Bunda yang menyukai perhiasan, jadikan saja ini sebagai hobi. Pasti lebih bangga ketika memakai perhiasan buatan sendiri.

Bunda bisa membuat perhiasan dengan bentuk manik-manik dan warna yang disukai. Ini juga termasuk hobi yang memiliki nilai seni lho.

Membuat perhiasan juga bisa menjadi peluang bisnis nih. Kalau perhiasan buatan Bunda bagus dan banyak peminatnya, menarik untuk dijual.

Simak juga yuk cerita Dewi Gita yang dulu hobi berjualan, sekarang punya bisnis clothing, dalam video Intimate Interview berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi