sign up SIGN UP search

moms-life

5 Hobi Orang Jenius yang Bisa Ditiru, Bunda Tertarik?

Annisa Afani   |   Haibunda Jumat, 24 Sep 2021 18:00 WIB
Photo of attractive house, wife making perfect supper for family cut hen meat for new recipe dish caption
Jakarta -

Bunda pernahkah mendengar mitos yang mengatakan bahwa kejeniusan seseorang orang bisa menular? Katanya, hal tersebut terwujud jika kita berteman hingga mengikuti kegiatan atau hobi orang yang dimaksud.

Ternyata, hal tersebut benar adanya, lho. Alasannya, kebiasaan orang jenius ini bisa mengasah kemampuan motorik dan meningkatkan kejeniusan otak.

Menarik, bukan? Jika tertarik, Bunda juga bisa meniru apa saja yang menjadi hobi orang-orang jenius. Apa saja kegiatan yang menarik minat mereka? Simak selengkapnya sebagaimana yang HaiBunda rangkum dari Beautynesia berikut, ya:


1. Memasak

Memasak adalah salah satu hobi yang kerap dimiliki orang jenius, Bunda. Karena ternyata, ini juga bisa meningkatkan kejeniusan otak, lho.

Saat memasak, otak akan bekerja secara optimal untuk berkonsentrasi, mengingat, mengukur dan berpikir secara bersamaan. Sehingga jika kita sering memasak dan menjadikannya sebagai hobi, secara tidak sadar kita akan terus mengasah ketajaman otak kita.

2. Menari

Seperti memasak, menarik juga memaksa kita untuk mengingat gerakan dan posisi koreografi. Tanpa disadari, ini bisa mengasah memori dan kognitif otak.

Selain itu, hobi menari pun juga dapat sekaligus menjadi olahraga yang dapat membantu memperlancar peredaran darah ke otak dan meningkatkan produksi protein otak. Tak heran ya, jika orang-orang yang memiliki hobi menari cenderung dapat lebih berkonsentrasi dan memiliki daya ingat yang tinggi?

Banner Tips Parenting Anak Cerdas

3. Bermain alat musik

Hobi orang jenius lainnya yakni bermain musik. Memainkan alat musik merupakan salah satu kegiatan kompleks yang mendorong otak untuk mencerna dan melakukan sesuatu secara bersamaan.

Oleh sebab itu, hobi bermain musik dapat memperkuat hubungan belahan otak kanan dan kiri (corpus callosum) serta mengoptimalkan fungsi otak. Tak hanya itu, hobi bermain alat musik juga dapat meningkatkan kreativitas, kejeniusan bahasa, dan kemampuan motorik kita.

4. Belajar bahasa asing

Setiap bahasa pasti mempunyai struktur dan gaya yang berbeda dari bahasa lain sebagai cerminan dari budaya masing-masing. Hobi mempelajari bahasa asing atau bahasa baru dapat meningkatkan kejeniusan otak karena akan mendorong otak untuk terus bekerja secara aktif.

Bahkan, belajar bahasa baru tak hanya meningkatkan kemampuan kognitif, namun juga dapat mencegah dementia di usia lanjut lho, Bunda. Di samping baik untuk meningkatkan kejeniusan, hobi mempelajari bahasa asing juga dapat membantu kita memperluas relasi dan mempermudah kita dalam berkomunikasi.

5. Traveling

Dengan hobi traveling mengunjungi tempat-tempat baru, dapat membuat otak aktif bekerja mengenali, menganalisis dan beradaptasi dengan pola-pola baru, baik orang-orangnya, makanan, budaya dan gaya hidup masyarakat setempat.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI. 

Bunda, simak juga tips parenting sukses ala Angie 'Virgin' untuk dukung anak kembangkan bakat dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/som)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!