sign up SIGN UP search


moms-life

Bunda, Begini Niat dan Tata Cara Mandi Sunah Idul Adha

Annisa Afani Kamis, 30 Jul 2020 14:01 WIB
mandi wajib ramadhan Ilustrasi mandi/Foto: Getty Images/iStockphoto/Ekaterina79
Jakarta -

Idul Adha akan dirayakan umat Muslim di Indonesia pada Jumat (31/7/2020) besok, Bunda. Apakah Bunda dan keluarga sudah siap menyambutnya?

Namun sebelum melaksanakan salat Idul Adha, ada sunah lain yang perlu dilakukan, yakni membersihkan diri atau mandi. Ini seperti kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, Bunda.

Sebagaimana dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, sahabat Al Faakih bin Sa'ad RA, ia berkata:


أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَكَانَ الْفَاكِهُ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالْغُسْلِ فِى هَذِهِ الأَيَّامِ.

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa mandi di hari Idul Fithri, Idul Adha dan hari Arafah. Dan Al Faakih sendiri selalu memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari itu.

Sementara hadits lain dari Ibnu 'Abbas RA menyatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى.

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Islamic background Ramadan Decoration 2020 image, Colorful lantern Lamp hanging design, Eid Mubarak BackgroindIlustrasi / Foto: Getty Images/iStockphoto/sarath maroli

Adapun waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan mandi sunah Idul Adha adalah sebelum atau setelah dilaksanakan salat Subuh. Namun menurut Syekh al-Baijuri, mandi sunah bisa dilakukan mulai tengah malam sebelum Idul Adha.

"Waktu masuknya mandi sunnah (Idul Fitri/Idul Adha) pada tengah malam." (Hasyiyatu Asy-Syaikh Ibrahim al-Baijuri ala Syarh al-Allamah Ibn al-Qasim al-Ghazi 'ala Matn asy-Syaikh Abi Syuja dalam al-Ilmiyyah, 1999)

Mandi sunah Idul Adha dimulai dengan membaca niat mandi sunah Idul Adha:

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Artinya : Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta'ala.

Setelah membaca niat, tata cara pelaksanaan mandi sunah ini tidak jauh berbeda dengan mandi wajib atau besar, yakni dimulai menyiram seluruh badan menggunakan air bersih yang mengalir, mulai dari atas ke bawah, kemudian dari anggota badan sebelah kanan hingga sebelah kiri. Setelah itu, lanjutkan dengan mandi seperti biasa ya, Bunda.

Mandi sunah ini diharapkan bisa menyucikan umat Muslim pada hari raya. Nah, selamat menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H ya, Bunda.

Bunda, simak juga penjelasan rematik yang diakibatkan oleh mandi malam dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/jue)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi