sign up SIGN UP search


moms-life

Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Salat Idul Adha

Juan Satya Senin, 19 Jul 2021 12:28 WIB
ilustrasi mandi caption

Berdasarkan keputusan sidang isbat, Kementerian Agama RI mengatakan bahwa Idul Adha 1442 H akan jatuh pada Selasa (20/7/21), besok. Seperti biasa, berbagai persiapan pun dilakukan.

Sebelum Bunda hendak melaksanakan salat Idul Adha, ada baiknya untuk melakukan sunnah lain yang perlu dilakukan, yaitu membersihkan diri. 

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, sahabat Al Faakih bin Sa'ad RA, yang menyatakan:


أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَكَانَ الْفَاكِهُ يَأْمُرُ أَهْلَهُ بِالْغُسْلِ فِى هَذِهِ الأَيَّامِ.

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa mandi di hari Idul Fitri, Idul Adha dan hari Arafah. Dan Al Faakih sendiri selalu memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari itu.

Hadis lain dari Ibnu 'Abbas RA juga mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى.

Artinya: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa mandi pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Lebih lanjut tentang niat, waktu pelaksanaan, dan tata cara mandi keramas sebelum salat Idul Adha, Bunda bisa simak penjelasan di bawah ini: 

Banner Nafkah Mutia AyuBanner Nafkah Mutia Ayu/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Niat mandi keramas sebelum salat Idul Adha

Sebelum Bunda melakukan mandi keramas, Bunda wajib membaca niat terlebih dahulu, ya. Adapun bacaan niatnya sebagai berikut.

نَوَيْتُ الْغُسْلَ لِيَوْمِ عِيْدِ اْلاَضْحَى سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITUL GHUSLA LIYAUMI ‘IIEDIL ADHAA SUNNATAN LILLAAHI TA’ALAA

Artinya: Sengaja saya mandi pada hari Raya Idul Adha Sunnah karena Allah Ta’ala.

Mandi sebelum salat Idul Adha tidak wajib dilakukan, Bunda. Namun, hal ini akan menjadi tambahan pahala apabila dilaksanakan dengan niat yang sungguh-sungguh. Apabila hal ini tidak dilakukan, Bunda juga tidak akan mendapatkan dosa.

Selain mandi, Bunda yang hendak menunaikan salat Idul Adha juga disunnahkan memakai wewangian, lho. Menghilangkan bau yang tak sedap di badan bertujuan untuk memperoleh keutamaan di hari raya.

Waktu pelaksanaan mandi

Untuk waktu pelaksanaan mandi keramas dapat Bunda lakukan sebelum atau setelah salat Subuh di pagi hari. Namun, sebenarnya Bunda juga dapat melakukan ini jauh sebelumnya yakni mulai tengah malam, seperti yang dikatakan Syekh Al-Baijuri.

Untuk tata cara pelaksanaan mandi keramas sebelum salat Idul Adha bisa Bunda baca dengan mengklik baca halaman berikutnya, ya.

TATA CARA MANDI KERAMAS SEBELUM SALAT IDUL ADHA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi