sign up SIGN UP search


moms-life

3 Tahap Menyisihkan Uang untuk Bunda yang Masih Pemula

Siti Hafadzoh Rabu, 05 Aug 2020 15:48 WIB
ilustrasi menabung caption
Jakarta -

Menyisihkan uang untuk tabungan investasi bukanlah hal yang mudah. Apalagi, untuk Bunda yang baru mau mulai menyisihkan uang.

Menyisihkan uang untuk menabung dan investasi sangat penting lho. Menabung untuk dana darurat misalnya, akan berguna ketika Bunda menghadapi krisis.

Nah, ada beberapa tahap nih untuk Bunda yang ingin mulai menyisihkan uang. Mengutip Nerdwallet, ini 3 tahap menyisihkan uang untuk Bunda yang pemula:


1. Menabung

Mulai menabung uang lebih banyak untuk dana darurat. Idealnya, Bunda harus memiliki dana untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 3 bulan.

Meskipun Bunda sudah berkomitmen untuk menabung, mungkin saja ada godaan untuk memakainya sedikit. Ini akan menjadi kesalahan besar, Bunda.

Dilansir The Balance, pahami dulu konsep bahwa 1 rupiah hari ini lebih berharga daripada 1 rupiah setahun dari sekarang. Semakin lama, uang Bunda harus semakin tumbuh.

Namun, jumlah uang yang harus disisihkan untuk tabungan juga berbeda-beda ya setiap orang. Tergantung pada pendapatan dan gaya hidupnya.

2. Investasi

Investasikan yang Bunda lebih banyak untuk masa depan. Ini sangat berguna ketika Bunda sudah pensiun lho.

Nah, ada perbedaan nih antara menyisihkan uang untuk tabungan dengan investasi. Apa perbedaannya?

Menabung adalah proses menyimpan uang tunai dalam rekening. Tabungan sangat aman dan dapat dicairkan dalam waktu yang singkat.

Sedangkan, investasi adalah proses menggunakan modal atau uang untuk membeli aset yang menurut Bunda punya kemungkinan dapat menghasilkan. Meskipun mungkin menurun selama bertahun-tahun. Misalnya, obligasi, saham, atau real estate.

3. Membayar tagihan

Tagihan atau utang menjadi salah satu yang menjadi kendala banyak orang. Mungkin Bunda tidak bisa menyisihkan uang untuk tabungan karena terlalu banyak utang.

Bunda harus membayarnya secara berkala lho. Daripada nantinya utang-utang ini semakin menumpuk.

Selalu bayarkan tagihan atau utang setiap bulan. Prioritaskan bayar utang yang bunganya lebih tinggi.

Nah, kalau sudah bisa melakukan ketiga tahap ini, ulangi setiap bulan ya, Bunda. Ini akan menjadi kebiasaan yang baik untuk keuangan Bunda lho.

Simak juga tips mengelola keuangan ala Astrid Tiar berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi