sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tips Hemat di Awal Bulan, Bunda Perlu Tahu

Yuni Ayu Amida Selasa, 08 Dec 2020 10:00 WIB
ilustrasi menabung caption
Jakarta -

Biasanya tanggal gajian jatuh di awal bulan, Bunda. Ini artinya di awal bulan dompet sedang subur-suburnya.

Di sisi lain, dompet yang tebal ini kadang jadi godaan untuk pengeluaran yang besar. Itu sebabnya kita perlu melakukan penghematan agar tak menyesal nantinya.

Nah, berikut ini tips hemat di awal bulan yang perlu Bunda tahu, dilansir berbagai sumber.


1. Buat rencana makan bulanan

Meskipun mungkin tampak agak sulit untuk melakukan perencanaan makan sebulan sebelumnya, ini adalah cara yang bagus untukĀ menghemat uang terkait bahan makanan. Jika Bunda tahu apa yang akan dimasak sebulan ke depan, Bunda punya waktu untuk menemukan atau mencari bahan makanan dengan harga lebih murah, terlebih jika memanfaatkan promo.

Selain itu, jika berencana untuk menggunakan bahan yang sama di beberapa resep bulan itu, Bunda dapat membeli dalam jumlah besar. Ini akan semakin menghemat pengeluaran.

Para ahli mengatakan membeli dalam jumlah besar dapat menghemat sekitar 20 persen, bahkan bisa lebih karena beberapa pembelian besar bisa saja mendapat diskon yang lebih banyak.

2. Tabungan otomatis

Melansir Nerd Wallet, automate savings atau menabung secara otomatis akan membantu memastikan bahwa Bunda secara konsisten mencapai tujuan menabung. Menabung juga menjadi salah satu cara berhemat. Jadi, di awal bulan saat baru gajian, uang Bunda sudah otomatis terbagi untuk simpanan, serta untuk kebutuhan.

Dengan mengotomatiskan tabungan dan memasukkan sejumlah uang ke dalam rekening terpisah setiap bulannya, tidak akan terasa nantinya tabungan Bunda akan berkembang.

3. Di rumah saja bersama keluarga

Membawa keluarga keluar pada hari Sabtu atau Minggu dapat menghabiskan banyak waktu dan uang, Bunda. Terlebih di awal bulan di mana kita baru gajian. Jadi keinginan untuk mengeluarkan uang pun lebih tinggi.

Padahal pengeluaran tersebut bisa dimanfaatkan dengan membeli beberapa makanan serta permainan untuk kemudian dimainkan dalam rumah. Ini akan membuat Bunda bisa lebih berhemat.

Sebaiknya Bunda beraktivitas santai di rumah saja ketika akhir pekan. Lebih aman juga karena sedang pandemi.

Untuk tips hemat selanjutnya, klik NEXT ya, Bunda.

Simak juga tips ajak anak menabung dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner biaya sekolah



Tips Hemat di Awal Bulan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!