sign up SIGN UP search


moms-life

Persiapan Kalau Terjadi Resesi, Apa yang Harus Bunda Lakukan?

Siti Hafadzoh Rabu, 29 Jul 2020 13:53 WIB
ilustrasi menabung caption
Jakarta -

Akibat pandemi corona, bukan tidak mungkin Indonesia mengalami resesi. Apa itu resesi dan bagaimana ya menghadapinya?

Resesi adalah kondisi ketika produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi negara negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun. Kalau ekonomi negara masuk resesi, bisa dikatakan jatuh ke jurang resesi.

Perekonomian dunia berada di ambang ketidakpastian karena pandemi corona. Negara yang sudah masuk ke jurang resesi yaitu Singapura dan Korea Selatan.


Bukan tidak mungkin Indonesia juga akan menghadapinya, Bunda. Ekonomi Indonesia juga bisa mengalami resesi kalau infeksi COVID-19 terus bertambah.

Kalau benar terjadi resesi, aktivitas seluruh ekonomi akan menurun. Dampak yang paling mudah dirasakan adalah menurunnya jumlah lapangan kerja. Lalu, Bunda harus bagaimana ya?

Nah, sebelum resesi terjadi, Bunda harus berhemat dan menyiapkan dana darurat. Kita tidak tahu sampai kapan berlangsungnya kalau resesi benar terjadi.

"Kurangi juga belanja yang tidak sesuai kebutuhan dan fokus pada pangan serta kebutuhan kesehatan. Jadi jangan latah ikut gaya hidup yang boros. Pandemi mengajarkan kita apa yang bisa dihemat ternyata membuat daya tahan keuangan personal lebih kuat," kata Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira dikutip dari detikcom.

Jadi, mulai sekarang, Bunda jangan boros belanja ya. Kita harus menyiapkan kondisi terburuk untuk mencukupi keuangan kalau resesi benar terjadi.

Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan supaya penyebaran virus corona tidak bertambah banyak.

Lihat juga cara mengelola keuangan ala Astrid Tiar di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi