sign up SIGN UP search


moms-life

Ingin Punya Kamar Minimalis ala Jepang, Lakukan 5 Cara Mudah Ini Bunda

Mutiara Ananda Minggu, 02 Aug 2020 05:00 WIB
Modern peaceful Bedroom. zen style bedroom. serene bedroom. Wood bed with tatami floor japanese style. 3D rednerin Ilustrasi kamar ala Jepang/Foto: Getty Images/iStockphoto/Navamin keawmorakot
Jakarta -

Desain kamar tidur ala Jepang dikenal dengan gaya minimalis dan kesederhanaannya. Selain mengingatkan agar terus terhubung dengan alam, desain kamar tidur ala Jepang juga akan menciptakan kesan bersih dan tenang.

"Minimalis Jepang sangat cocok dengan gaya hidup modern yang sibuk, karena 'potongan-potongan' ini memungkinkan orang untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan tenang di mana mereka dapat benar-benar bersantai," ujar senior desain Kris Monolo, dilansir BBC.

Dilansir dari laman The Bedlyft, berikut 5 cara mudah menata kamar tidur ala Jepang di rumah.


1. Kursi lantai

Sama halnya dengan ruangan lain, kamar tidur ala Jepang juga harus minim perabot. Kursi lantai Jepang ini adalah pilihan terbaik.

Kursi lantai mungkin sangat asing untuk Bunda, tapi ini adalah kebiasaan tradisional Jepang selama ribuan tahun. Ini menandakan rasa hormat di masa aristokrasi di Jepang.

2. Meja rendah Jepang

Sama seperti kursi, meja yang digunakan dalamĀ kamar tidur ala Jepang juga sangat rendah dan santai lho, Bunda. Meja ini sangat nyaman digunakan untuk minum teh, makan malam, bekerja, dan sebagainya.

Pada meja Jepang biasanya dilengkapi dengan pemanas yang dapat digunakan saat musim dingin tiba. Meja dengan alat pemanas ini disebut dengan kotatsu.

3. Lukisan

Lukisan untuk kamar tidur ala Jepang juga sangatĀ minimalis nih, Bunda. Beberapa contoh lukisan ini seperti burung, bambu, simbol Jepang atau kanji, dan sebagainya.

Selain itu, memakai pajangan berisi syair kecil puisi atau haiku juga termasuk hal yang menarik. Dengan kata lain, lukisan dengan latar belakang penuh harus dihindari.

Hotel Mielparque Osaka, kamar nobitaIlustrasi kamar ala Jepang/ Foto: Wahyu Setyo Widodo

4. Bonsai

Tanaman hias bonsai adalah bentuk seni tradisional Jepang. Pohon ini bisa ditempatkan pada pot kecil.

Bonsai dikenal dengan pohon kecil paling estetik dan menarik lho, Bunda. Enggak salah nih jika menjadikan bonsai sebagai tanaman hias di dalam kamar.

5. Bantal Jepang

Bantal Jepang biasa dikenal dengan takamakura. Bantal ini adalah bagian dari sejarah panjang budaya Jepang dengan tujuan kenyamanan. Bantal Jepang tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahan.

Selain itu, bantal Jepang bisa digunakan untuk kenyamanan leher dan tulang belakang lho, Bunda. Bantal ini juga memberi kesan sejuk dipakai saat musim panas tiba.

Simak juga video rumah minimalis dengan pintu tersembunyi:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi