sign up SIGN UP search


moms-life

4 Cara Menanam Pakcoy di Rumah, Mudah dan Praktis

Siti Hafadzoh Senin, 10 Aug 2020 12:49 WIB
Bok Choy plants growing in vegetable garden caption
Jakarta -

Pakcoy merupakan salah satu sayuran yang sering kita temukan di masakan Chinese food. Nah, sayuran ini bisa lho Bunda tanam sendiri di rumah.

Sayur ini enak untuk dijadikan berbagai masakan, Bunda. Mulai dari rebusan hingga ditumis bersama bahan makanan lainnya.

Kalau Bunda pencinta sayuran pakcoy, lebih baik menanam sendiri di rumah. Selain lebih sehat karena tanpa pestisida kimia, Bunda juga bisa lebih hemat uang belanja nih.


Tertarik untuk menanam pakcoy di kebun? Ikuti cara menanam pakcoy di rumah berikut ini yuk:

1. Menanam dari bibit

Bunda bisa menanam pakcoy dari bibitnya. Biji pakcoy berkecambah dengan cepat lho, Bunda. Biasanya sekitar 4 sampai 8 hari.

Ketika akan memindahkan kecambah, pastikan suhunya hangat ya. Kalau suhunya terlalu dingin, pakcoy tidak mau tumbuh, Bunda.

Tanam bibit pakcoy sedalam setengah inci atau sekitar 12 cm. Jangan lupa untuk memberi jarak di setiap bibit yang ditanam ya.

2. Cahaya dan air yang dibutuhkan

Dilansir The Spruce, tanaman pakcoy bisa tumbuh di area dengan cahaya matahari penuh. Tapi, pakcoy akan tumbuh lebih baik di tempat yang teduh.

Jadi, pastikan pakcoy mendapat sinar matahari yang cukup. Tanaman pakcoy butuh terkena cahaya matahari sekitar 3-5 jam setiap hari.

Tanaman pakcoy butuh penyiraman yang konsisten, Bunda. Kalau tanahnya kering, pakcoy akan melengkung.

3. Kapan pakcoy bisa dipanen?

Mengutip Gardening to Know, ukuran tanaman pakcoy yang siap dipanen berbeda-beda setiap varietas. Standarnya, tanaman pakcoy dewasa berukuran 30 sampai 61 cm.

Namun, pakcoy sebenarnya bisa dipanen segera setelah daun yang berguna sudah tumbuh. Gunakan pisau untuk memotong tanaman pakcoy.

Usahakan agar memanen pakcoy sesuai kebutuhan ya, Bunda. Karena setelah dipanen, daun pakcoy hanya bisa bertahan 3 sampai 4 di dalam kulkas.

4. Tanam berkala

Bunda tentu ingin punya stok sayur pakcoy untuk menu harian keluarga. Nah, supaya tetap punya persediaan pakcoy di kebun, Bunda perlu menanamnya secara berkala.

Menanam pakcoy dalam jumlah kecil setiap dua minggu dapat menghasilkan panen yang stabil dan berkelanjutan. Dengan begini, Bunda tidak akan kehabisan stok pakcoy di kebun deh.

Simak juga tips menyemai tomat langsung di kebun berikut ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi