sign up SIGN UP search


moms-life

Unik! 5 Tanaman Hias Indoor dengan Daun Bercorak

Siti Hafadzoh Jumat, 14 Aug 2020 05:00 WIB
Tropical 'Maranta Leuconeura Fascinator' houseplant, also called Prayer Plant,  with leaves with exotic red stripe pattern on small coffee table in living room caption
Jakarta -

Kalau biasanya orang-orang mencari tanaman hias indoor yang berbunga warna-warni, cobalah untuk menemukan yang berbeda, Bunda. Salah satunya adalah tanaman hias indoor dengan daun bercorak yang cantik dan unik.

Beberapa tanaman hias punya daun yang berwarna kombinasi dua warna atau lebih. Corak daun yang berbeda-beda juga menarik nih untuk menghias rumah Bunda.

Makanya, tak heran beberapa tumbuhan dengan daun bercorak ini dijadikan tanaman hias indoor. Apa saja ya tanaman hias indoor dengan daun bercorak yang cocok untuk rumah Bunda?


Dilansir Homes to Love, ini 5 tanaman hias indoor dengan daun bercorak yang cantik dan unik:

Tropical 'Maranta Leuconeura Fascinator' houseplant, also called Prayer Plant,  with leaves with exotic red stripe pattern on small coffee table in living roomTanaman hias maranta leuconeura/ Foto: iStock

1. Maranta leuconeura

Tanaman hias yang punya nama prayer plant ini berasal dari daerah tropis di Amerika. Tanaman hias ini diberi nama prayer plant karena daunnya terbuka ketika siang, dan saat malam menggulung seperti tangan ketika berdoa.

Mengutip The Spruce, tiga warna paling paling populer dari tanaman hias ini adalah hijau tua, kuning, dan merah. Warna tanaman sangat cantik dan cocok untuk menghiasi ruang tamu Bunda lho.

Usahakan agar tanaman hias maranta leuconeura mendapatkan sinar matahari tidak langsung dari jendela. Hindari tanaman hias dari cahaya matahari langsung karena nanti kecantikan warna daunnya jadi rusak.

Selama masa tumbuh, sering-sering siram tanaman ya. Jangan biarkan tanah menjadi sangat kering. Tapi, terlalu banyak menyiram juga tidak baik karena dapat membuat daunnya menjadi berwarna kuning.

Tropical 'Maranta Leuconeura Fascinator' houseplant, also called Prayer Plant,  with leaves with exotic red stripe pattern on small coffee table in living roomTanaman hias calathea orbifolia/ Foto: iStock

2. Calathea orbifolia

Meski cuma punya dua warna, yaitu hijau dan putih, tanaman hias ini punya corak yang cantik lho. Warna dasarnya hijau dipadu dengan garis-garis putih.

Sama seperti tanaman hias sebelumnya, calathea membutuhkan sinar matahari tidak langsung. Mengutip Hortology, sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna daunnya pudar dan coraknya menghilang.

Tanaman hias indoor yang satu ini membutuhkan tempat yang lembap, Bunda. Makanya, daun calathea harus sering-sering disemprot.

Nah, supaya daunnya mengkilap dan tetap cantik, lap dengan kain basah ya. Dengan begini, debu-debu yang mengumpul di daun calathea jadi menyingkir.

Tropical 'Maranta Leuconeura Fascinator' houseplant, also called Prayer Plant,  with leaves with exotic red stripe pattern on small coffee table in living roomTanaman hias ficus elastica/ Foto: iStock

3. Ficus elastica (Karet kebo)

Tanaman hias indoor tersebut punya nama lain yang unik, Bunda. Kalau di luar negeri ficus elastica punya nama lain rubber plant. Tapi, di Indonesia namanya menjadi karet kebo.

Ficus elastica terbilang tidak sulit untuk dirawat kok. Asalkan Bunda menemukan keseimbangan untuk lingkungan tanaman yang satu ini.

Tanaman hias ficus elastica membutuhkan cahaya tapi tidak terlalu terang, lembap tapi tidak basah. Ficus elastica juga membutuhkan pupuk untuk tetap sehat tapi tidak terlalu banyak untuk mempercepat pertumbuhan.

Kalau lingkungannya tidak tepat, daun tanaman hias ini akan berwarna kuning. Kemudian akan menjadi berwarna coklat, Bunda.

Tropical 'Maranta Leuconeura Fascinator' houseplant, also called Prayer Plant,  with leaves with exotic red stripe pattern on small coffee table in living roomTanaman hias rex begonia/ Foto: iStock

4. Rex begonia

Mungkin tanaman begonia sudah terkenal dengan bunganya yang cantik dan berwarna cerah. Tapi, rex begonia justru daunnya yang berwarna-warni nih.

Rex begonia adalah tanaman tropis yang cocok ditanam untuk tanaman hias indoor. Daunnya bercorak dan warna-warni, serta bentuknya unik lho.

Daun rex begonia berbentuk asimetris yang biasanya berwarna campuran antara hijau, merah, pink, ungu, perak, dan coklat. Tanaman hias rex begonia juga punya bunga berwarna pink tapi ukurannya kecil.

Rex begonia hanya membutuhkan kadar air, nutrisi, dan kelembapan yang tepat. Simpan tanaman hias ini di tempat teduh dan hindari dari cahaya matahari langsung ya.

Tropical 'Maranta Leuconeura Fascinator' houseplant, also called Prayer Plant,  with leaves with exotic red stripe pattern on small coffee table in living roomTanaman hias puring/ Foto: iStock

5. Puring/kroton

Puring atau kroton sudah sangat tenar nih di antara pencinta tanaman hias. Bentuknya yang unik dan coraknya yang menarik membuat puring cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor nih.

Namun, sebenarnya cukup sulit merawat tanaman puring di dalam ruangan. Ini karena di habitat aslinya, puring menyukai kondisi lembap dan hangat dengan cahaya teduh dan air berlimpah.


Masalah di dalam ruangan biasanya terletak pada suhu. Tapi, kalau rumah Bunda tidak terlalu dingin, puring bisa kok menjadi tanaman hias indoor. Puring membutuhkan udara dengan suhu di atas 15 derajat Celsius.

Simpan tanaman puring di tempat yang terkena cahaya matahari tidak langsung. Warna-warna daun tanaman puring bergantung pada cahaya yang didapatkannya, Bunda.

Lihat juga tanaman hias termahal di dunia berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi