sign up SIGN UP search


moms-life

7 Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Mempercantik Sudut Rumah

Mutiara Ananda Putri Senin, 13 Jul 2020 13:41 WIB
Close up shot of pilea leaves caption
Jakarta -

Belakangan, sedang tren mendekorasi rumah dengan tanaman hias indoor. Kalau dulu para Bunda memilih bunga arkilik yang simpel, kini bergeser pada tren berkebun tanaman hias.

Tanaman hias indoor ini selain indah, juga bisa membuat rumah jadi lebih nyaman. Bunda tertarik untuk mulai menanamnya sendiri di rumah?

Banyak jenis tanaman hias indoor yang sangat mudah untuk dirawat sendiri di rumah, lho. Tanaman hias ini sangat cocok untuk Bunda yang sibuk namun tetap ini mempercantik rumah.


Berikut HaiBunda rekomendasikan 7 jenisĀ tanaman hias yang mudah dirawat sendiri di rumah:

1. Chinese Money | Pilea Paperomioides

Tanaman Chinese Money dikenal dengan daun bundar menyerupai koin dan batang yang lurus. Tanaman ini sangat cocok ditanam dengan pot pendek lho, Bunda. Menurut The Little Book of House Plants and Other Greenery yang dilansir dari laman Good House Keeping, Chinese Money dapat ditanam kembali dengan cabang yang tumbuh dari pangkal batang. Jadi, Bunda bisa mengembangbiakkan tanaman ini dengan mudah sebagai hiasan di diseluruh penjuru rumah.

Close up shot of pilea leavesIlustrasi Pilea Paperomioides/ Foto: iStock

2. Bromeliad

Bromeliad adalah tanaman satu rumpun dengan buah nanas, yakni Bromeliaceae. Tanaman ini mampu menghasilkan tunas samping yang akan menggantikan tanaman aslinya.

"Tanaman ini mampu bertahan lama," kata Sharon Nejman, ahli Hortikultura di Kebun Raya Chicago. Bunda bisa menanam bromeliad dengan suhu ruangan, dan jauhkan dari suhu dingin.

Close up shot of pilea leavesIlustrasi tanaman bromeliad/ Foto: iStock

3. Tanaman Giok

Dilansir dari laman Home Designing, tanaman giok adalah sukulen yang strukturnya seperti semak yang pada satu saat akan menghasilkan bunga berwarna merah muda yang cantik, lho, Bunda.

Tanaman giok akan mati ketika mereka menerima banyak air. "Jika tanaman ini mendapatkan air, mereka akan mulai mengalami rehidrasi," jelas Neil Mattson, seorang Profesor di Departemen Hortikultura Cornell University.

Close up shot of pilea leavesIlustrasi tanaman giok/ Foto: iStock

4. Begonia

Jika Bunda memiliki sedikit waktu untuk memeriksa tanaman, mungkin Begonia cocok untuk Bunda. Bunga merah muda ini hanya membutuhkan air sesekali, bahkan lebih sedikit saat musim hujan, lho. Tak hanya merah muda, Begonia juga hadir dengan warna cantik lainnya.

"Tanaman ini hadir dengan berbagai warna dan pola dedaunan," Kata Kathie Hayden, Manajer Layanan Informasi Tanaman di Chicago Botanic Garden.

Close up shot of pilea leavesIlustrasi tanaman begonia/ Foto: iStock

5. Asparagus Fern

Asparagus adalah tanaman halus yang mirip pakis. Tanaman ini akan beradaptasi dengan mengeluarkan bintik cerah dan sudut yang gelap. Jika Bunda inginĀ menanam Asparagus, pastikan tanah atau media tanam Asparagus tetap lembab ya, Bunda, agar Asparagus dapat tumbuh dengan subur.

Close up shot of pilea leavesIlustrasi tanaman asparagus fern/ Foto: iStock

6. Kalanchoe

Selain tanaman giok, sukulen lain yang tak kalah indah adalah Kalanchoe. Kalanchoe adalah sukulen penahan air yang tumben dengan bunga warna-warni berbentuk lonceng.

Tanaman ini juga hanya membutuhkan sedikit perawatan lho, Bunda. Sangat cocok untuk Bunda yang sibuk namun tetap ingin mendekor rumah dengan tanaman hias.

Close up shot of pilea leavesIlustrasi tanaman kalanchoe/ Foto: iStock

7. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga ya, Bunda. Selain untuk perawatan kulit, lidah buaya juga sangat mudah ditanam di rumah, lho. Lidah buaya menyukai cahaya tidak langsung dan cocok diletakkan di berbagai macam wadah.

an aloe vera plantIlustrasi tanaman lidah buaya/ Foto: iStock

Semoga bermanfaat ya, Bunda.

Selain tanaman hias, tumbuhan lain seperti tomat juga bisa ditanam di rumah lho. Ikuti tipsnya di sini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!