sign up SIGN UP search


moms-life

Wanita Indonesia Nikahi Pria Korea, Awalnya Kaget Tak Seperti di Foto

Yuni Ayu Amida Jumat, 14 Aug 2020 17:05 WIB
hesty caption
Jakarta -

Setiap pasangan memiliki kisah manisnya sendiri. Begitu pula dengan wanita asal Indonesia bernama Hesty Cita Surya Putri ini yang tak menyangka bahwa dirinya akan bersanding di pelaminan dengan seorang pria Korea bernama Bak Sungwon.

Pernikahan keduanya pun sempat jadi sorotan warganet. Pasalnya saat resepsi di Korea, Hesty yang notabene berhijab memutuskan untuk tidak mengenakan hijabnya saat itu. Di luar itu, sebenarnya bagaimana kisah awal pertemuan mereka ya?

Kepada HaiBunda, Hesty menuturkan pertama kali ia mengenal suaminya yakni pada bulan Desember 2017, melalui salah satu aplikasi online. Kala itu ia dan suaminya tidak ada niatan mencari pasangan lewat aplikasi.


"Waktu itu aku niatnya cuma iseng-iseng saja biar ada teman chatan. Nah kalau suamiku dulu dia mau belajar Bahasa Inggris lewat chatting gitu," tutur Hesty, Jumat (14/8/2020).

Di kolom obrolan tersebut mereka merasa saling cocok karena bisa mengobrol apapun. Hesty mengakui walau baru kenal, ia sudah seperti teman lama dengan pria Korea yang kini jadi suaminya itu.

"Terus bulan Maret 2018 dia datang ke Indonesia buat ketemu aku. Dan ini pertama kalinya dia keluar negeri. Nah pas pertemuan pertama itu di bandara. Dia kaget lihat aku kok beda, enggak kayak di foto. Tapi untungnya dia enggak sampe kabur ya," papar Hesty sembari tertawa.

Satu bulan Bak Sungwon di indonesia. Selama itu pula mereka belajar mengenal satu sama lain. Kemudian di pertengahan tahun 2018, mereka mulai membahas tentang pernikahan.

"Dia nanya, 'Kapan kamu mau ngenalin aku ke keluarga kamu?' Soalnya pulang-pulang dari Indonesia waktu itu dia nunjukin foto aku ke ibunya. Dan dia bilang ke ibunya kalau dia mau nikah sama wanita ini gitu," ucap Hesty.

Hanya saja waktu itu Hesty belum berani mengenalkan Bak Sungwon pada keluarganya. Karena ia merasa baru kenal. Ditambah Hesty juga belum lulus kuliah.

"Terus aku bilang ke dia, 'Aku belum lulus kuliah. Kamu mau nunggu aku sampai selesai kuliah? Terus kamu mau belajar agamaku?' Terus dia jawab, 'Iya aku tungguin. Mungkin belajar agama itu susah, tapi aku akan coba belajar,'" kata Hesty mengenang ucapan suaminya kala itu.

Hesty dan SungwonHesty dan Sungwon/ Foto: Instagram @hestycsp

Saat itu wanita 28 tahun ini merasa tidak percaya bahwa dia akan menikah dengan orang luar. Serta masih banyak pikiran lainnya yang mengganjal.

Singkat cerita Sungwon pun membuat konten YouTube untuk mengunggah video kesehariannya di Korea agar bisa dilihat Hesty. Karena kalau mengunggah video di aplikasi chat sizenya sangat besar dan terbatas.

"Nah kurang lebih setahun kita LDR-an, dia datang lagi ke Indonesia April 2020. Barulah aku berani kenalin dia ke orang tuaku. Dia datang ke rumahku dan minta izin ke orang tuaku kalau mau nikahin aku," ucapnya.

Setelah perkenalan itu, ayah Hesty meminta untuk bertemu kedua orang tua Sungwon karena ingin kenal langsung. Namun secara garis besar mereka berdua sudah mengantongi restu.

"Waktu dia di Indonesia, dia juga yang nyemangatin aku biar aku cepat lulus. Nemenin ke kampus buat selesain skripsi, daftar sidang, dan lain-lain. Alhamdulillah bulan Mei-nya aku lulus kuliah," kata Hesty.

Setelah satu bulan tinggal di Indonesia, Sungwon kembali ke Korea. Saat itu orang tuanya bilang bahwa mereka ingin mengadakan resepsi di Korea, dan meminta Hesty datang untuk persiapan pernikahan di Korea. Hanya saja, orang tua Hesty tidak mengizinkan anak gadisnya pergi ke Korea sebelum resmi menikah.

"Ya jadi waktu itu aku nurutin bapak dan aku coba jelasin ke dia kalau aku enggak bisa ke Korea sebelum nikah. Nah di sini karena kita beda budaya, awalnya dia agak susah terima tapi setelah aku jelasin lama-lama dia terima saja," tuturnya.

Kemudian pada 28 September 2019 Sungwon dateng ke Indonesia lagi. Ia hanya membawa ibunya lantaran sang ayah sedang sakit. Nah, di hari tersebutlah mereka melangsungkan lamaran yang sangat singkat dan sederhana. Dan di hari itu juga mereka menentukan tanggal pernikahan, yang jatuh pada 9 November 2019.

Simak juga pesan bijak Lenna Tan dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi