sign up SIGN UP search


moms-life

Modal Rp150 Ribu & Barang Bekas, Bunda Bisa Berkebun Hidroponik Kala Pandemi

Siti Hafadzoh   |   Haibunda Jumat, 21 Aug 2020 15:38 WIB
Tanaman hidroponik caption
Jakarta -

Sekarang ini sedang tren menanam sayur-sayuran dengan sistem hidroponik. Nah, memulai berkebun hidroponik ini modalnya tidak mahal kok, Bunda.

Wanita bernama Ita Malau menanam sayuran hidroponik dengan peralatan seadanya, jadi modalnya murah nih. Ia menggunakan styrofoam dan botol plastik bekas untuk membuat kebun hidroponik.

"Uang habis sekitar 150 ribu. Itu sudah beli netpot, nutrisi (AB mix), sumbu hidroponik, sama bibit. Untuk wadah, saya pakai yang ada di rumah saja, termasuk bak persegi, botol bekas, dan styrofoam" kata Ita ketika dihubungi HaiBunda pada Selasa (18/8/2020).


Menurut Ita, justru nutrisi untuk tanaman hidroponik yang lebih mahal dibandingkan peralatan yang buat. Nutrisi untuk tanaman hidroponik harganya bisa sekitar Rp20.000 untuk 600 ml dan bisa dipakai beberapa minggu.

"Nah, itu saja. Kalau yang lain-lainnya sih karena saya pakai yang ada aja di rumah. Kayak styrofoam dipakai atau botol. Jadi enggak terlalu banyak pengeluaran sih sebenarnya," ujar Ita.

Ia memilih untuk menggunakan peralatan seadanya karena takut bosan. Daripada membeli sistem hidroponik yang harganya mencapai satu juta lalu bosan, Ita berpikir lebih baik menggunakan barang bekas.

"Kalau sekalipun beli yang sistemnya mahal, sayang, satu jutaan. Jadi aku mau coba dulu nih pakai yang apa adanya. Bisa atau enggak," jelasnya.

Tanaman hidroponikModal Rp150 Ribu & Barang Bekas, Bunda Bisa Berkebun Hidroponik Kala Pandemi/ Foto: Instagram @itamalon

Ditambah lagi, menanam sayuran hidroponik membutuhkan ketekunan. Bunda harus setiap hari mengecek sayuran hidroponik nih, apakah ada kutu atau hama dan apa nutrisinya tercukupi.

Ita Malau sendiri sudah menjalani hidroponik ini selama sekitar dua bulan, Bunda. Menurutnya, tidak ada kesulitan yang berarti ketika memulai menanam hidroponik.

Sekarang, Ita sudah memiliki banyak sayur hidroponik lho di kebunnya. Padahal, dua bulan lalu ia hanya menanam seledri lho.

"Sekarang itu sudah ada seledri, sawi, selada, sama terong ungu, bayam," ujarnya.

Nah, modal berkebun hidroponik tidak mahal kan, Bunda. Apakah Bunda tertarik untuk memulai berkebun hidroponik?

Ikuti cara mudah membuat tanaman hidroponik di video ini yuk, Bunda:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!