sign up SIGN UP search


moms-life

Menanam Sayur Konvensional Vs Hidroponik, Mana yang Lebih Mudah?

Siti Hafadzoh Senin, 24 Aug 2020 18:19 WIB
Leafy vegetable growing using outdoor hydroponic method. caption
Jakarta -

Sekarang banyak orang yang lebih memilih menanam sayur secara hidroponik dibandingkan menggunakan media tanam berupa tanah. Sebenarnya mana ya yang lebih mudah?

Seorang Bunda bernama Ita Malau mencoba menanam hidroponik sejak pertengahan Juni lalu. Sebelumnya, Ita memang sudah menanam sayur di kebunnya dengan cara konvensional, Bunda.

"Dulu berkebun, cuma pakai tanah biasa saja kan. Kayak berkebun sayur gitu. Tapi, memang enggak yang terlalu intens banget kayak sekarang," kata Ita kepada HaiBunda pada Selasa (18/8/2020).


Ia mempelajari sendiri cara kerja tanaman hidroponik. Setelah punya pengetahuan, barulah Ita memulai berkebun hidroponik.

Ita tertarik denganĀ tanaman hidroponik karena menggunakan sistem ini, sayuran tidak perlu disiram setiap hari. Berbeda dengan sayur yang ditanam di tanah.

Tanaman hidroponikTanaman hidroponik/ Foto: Instagram @itamalon

"Kan kemarin itu ngelihat kok kayaknya tidak perlu disiram. Terus pas baca-baca literaturnya, caranya juga gampang, menggunakan peralatan yang ada. Jadi tertarik tuh," ujarnya.

Sayuran hidroponik memang tidak perlu disiram. Tapi, Bunda tetap harus mengawasi pertumbuhannya, mulai dari melihat apakah ada hama hingga memastikan nutrisinya terpenuhi.

Meski terlihat mudah, ternyata menyemai bibit untuk tanamanĀ hidroponik cukup menantang untuk pemula. Ita mengaku, pertama kali menyemai bibit, sebagian berhasil dan sebagian tidak tumbuh nih.

Tapi kalau sudah terbiasa berkebun hidroponik, nanti juga akan menyenangkan kok, Bunda. Ita Malau bahkan sekarang sudah bisa panen sayuran di kebunnya untuk kebutuhan masak sehari-hari.

"Sekarang itu sudah ada seledri, sawi, selada, sama terong ungu, bayam," kata Ita.

Ikuti cara mudah membuat tanaman hidroponik di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi