sign up SIGN UP search


moms-life

Hindari 5 Hal Ini Saat Membersihkan Rumah Minimalis

Mutiara Ananda Selasa, 08 Sep 2020 05:00 WIB
Happy family cleans the room. Mother and daughter do the cleaning in the house. A young woman and a little child girl wiped the dust and vacuumed the floor. caption
Jakarta -

Rumah minimalis menonjolkan kesan elegan dan sederhana. Jika Bunda tinggal dalam rumah minimalis, sangat penting untuk tetap menjaga agar tidak berantakan dan sedap dipandang.

"Minimalis bagi saya adalah menjaga ruang tetap sederhana, tidak berantakan, dan menonjolkan arsitektur ruang yang menarik," kata Blaustein, dikutip dari Decor.

Membersihkan rumah minimalis secara menyeluruh mungkin bukan sesuatu yang bisa Bunda kerjakan setiap hari. Tapi, bukan berarti jarang dibersihkan ya, Bunda. Nah, ada beberapa hal yang perlu dihindari saat akan membersihkan rumah minimalis.


Melansir dari laman The Spruce, berikut 5 hal yang perlu Bunda hindari saat membersihkan rumah minimalis.

1. Menunda membersihkan

Si kecil mungkin sering menumpahkan minuman, kecap, atau saus ke lantai. Lalu, apa Bunda langsung membersihkannya atau membiarkannya selama beberapa saat? Penting untuk langsung membersihkannya ya, Bunda.

Hal ini perlu dihindari untuk tidak mengundang semut dan semakin memperburuk keadaan. Jika Bunda langsung membersihkan, hanya akan menghabiskan waktu sekitar 15 hingga 20 detik. Namun jika dibiarkan, akan memakan waktu lebih lama.

2. Mulai dari tempat yang salah

Ketika Bunda mulai membersihkan ruangan rumah minimalis dari tempat yang salah, besar kemungkinan Bunda akan mundur dan mengulang langkah yang sama. Untuk itu, penting memilih apa yang perlu dibersihkan terlebih dahulu.

Langkah pertama, singkirkan barang yang tidak seharusnya ada di dalam ruangan, kemudian mulailah membersihkan untuk mempersingkat waktu.

3. Menggunakan produk pembersih yang salah

Jika salah menggunakan produk untuk membersihkan rumah minimalis, bisa jadi kebersihan tidak maksimal. Sebelum membeli produk, ada baiknya membaca labelnya terlebih dahulu.

Selain menghemat waktu, ini juga bisa menghemat uang. Penting pula untuk menulis daftar belanjaan, dengan pembersih di dalamnya. Sehingga Bunda tidak lupa dan salah membelinya ketika belanja bulanan.

4. Menggunakan alat pembersih yang kotor

Saat membersihkan rumah dengan alat yang kotor, tentu itu akan semakin memperburuk keadaan dan menyebar lebih banyak bakteri. Misalnya saja lap meja atau kain pel.

Selain membersihkan rumah, Bunda juga tentu perlu meluangkan sedikit waktu untuk mencuci kain pembersih, pel, sikat, penyedot debu, dan mesin cuci. Jadi rumah minimalis bakalan bisa lebih bersih.

5. Tidak mengajarkan anak untuk membantu

Membersihkan rumah minimalis adalah waktu yang tepat untuk melibatkan si kecil dalam pekerjaan rumah tangga nih. Bunda bisa meminta mereka melakukan hal sederhana seperti melipat handuk atau membawa pakaian kotor ke ruang cuci.

Seiring dengan pertambahan usia, mungkin si kecil akan sedikit mengeluh. Tapi kegiatan ini bisa sangat berguna saat mereka memiliki rumah sendiri kelak, karena sudah terlatih membersihkan rumah sendiri sejak kecil.

Simak juga video tips menyulap teras rumah minimalis:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!