sign up SIGN UP search


moms-life

5 Tanaman Hias Indoor, Cocok untuk Tempat Bercahaya Redup

Siti Hafadzoh Kamis, 10 Sep 2020 03:00 WIB
The Pothos with a Natural Light in the Morning Summer Day caption
Jakarta -

Rumah yang minim cahaya mungkin menjadi salah satu hambatan untuk merawat tanaman hias indoor. Tapi, tenang saja, ada beberapa tanaman yang cocok kok untuk rumah Bunda.

Tanaman hias indoor ada yang tumbuh dengan baik di tempat yang minim cahaya lho. Beberapa tanaman juga bisa beradaptasi dengan lingkungan bercahaya redup meskipun habitatnya adalah tempat terang.

Dilansir The Spruce, ini 5 tanaman hias indoor yang cocok untuk tempat bercahaya redup:


1. Bambu keberuntungan

Sesuai namanya, tanaman hias yang satu ini dipercaya bisa membawa keberuntungan lho bagi pemiliknya. Cara merawat bambu keberuntungan juga cukup mudah kok, Bunda.

Bambu keberuntungan sebenarnya tumbuh baik di cahaya terang. Tapi, tanaman hias indoor yang satu ini tetap bisa kok tumbuh di tempat yang kadar cahayanya rendah.

Namun, Bunda perlu sering memindah-mindahkan tanaman bambu ya. Supaya cahaya mencapai seluruh tanaman secara merata.

Bambu keberuntungan biasanya ditanam di pot berisi air dan kerikil. Ganti dan tambahkan air untuk tanaman ini sesuai kebutuhan ya, Bunda.

2. Spider plant

Spider plant merupakan tanaman hias yang mudah dirawat dan cepat beradaptasi lho. Tanaman ini lebih suka tempat yang terang.

Namun, spider plant juga bisa tetap tumbuh di cahaya yang teduh kok, Bunda. Tanaman ini akan bertahan lama dalam kondisi cahaya yang kurang ideal, termasuk cahaya buatan.

Biasanya spider plant ditanam di pot gantung. Bentuk tanaman hias indoor ini bagus lho, bisa mempercantik rumah Bunda.

Siram spider plant secukupnya, usahakan agar tidak terlalu lembap. Kelembaban yang terlalu tinggi menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

3. Sansevieria

Bunda pasti sudah sering mendengar tanaman yang satu ini. Sansevieria sering disebut juga sebagai tanaman lidah mertua.

Tanaman hias ini punya berbagai kombinasi warna lho. Mulai dari hijau, putih, dan kuning.

Sansevieria merupakan tanaman yang tumbuh paling baik di tempat dengan kadar cahaya rendah. Tanaman ini terlihat mencolok dan sangat mudah tumbuh.

Selain itu, sansevieria juga bagus lho untuk lingkungan. Dilansir Buzzfeed, sansevieria bisa menyerap racun, seperti benzena, formaldehida, dan xylene

4. Sirih gading

Tanaman yang punya nama lain devil's ivy ini sangat sulit untuk mati. Bahkan, bisa bertahan di lingkungan yang kering, Bunda.

Sirih gading juga bisa tumbuh di kondisi yang hampir tidak ada tanaman lain bisa tumbuh. Termasuk lingkungan gelap dan kekurangan air.

Nah, kalau Bunda sedang mencari tanaman hias untuk tempat teduh, sirih gading bisa menjadi pilihan. Sirih gading adalah salah satu tanaman yang sedang populer nih.

Beberapa varietas sirih gading punya pola marmer yang khas. Selain cantik, tanaman sirih gading berfungsi sebagai pembersih udara lho, Bunda.

5. Dracaena

Tanaman hias dracaena sering digunakan untuk mendekorasi ruangan. Mulai dari rumah, kantor, apartemen, hingga mal.

Dracaena punya ciri yang khas, Bunda. Daun tanaman dracaena bentuknya panjang dan berwarna hijau.

Tanaman dracaena terdiri dari 40 spesies lho. Nah, semua spesies dracaena bisa hidup di tempat yang cahayanya redup.

Jadi, tanaman hias ini sangat cocok untuk ditanam di dalam rumah, Bunda. Ruangan rumah jadi lebih segar dengan tanaman ini.

Lihat tanaman hias termahal di dunia di video berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi