sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Mudah Menata Ruang Keluarga Sempit di Rumah Minimalis

Salam Rahmad Rabu, 09 Sep 2020 05:00 WIB
Modern living room. Render image. caption
Jakarta -

Tinggal di rumah minimalis yang tak terlalu besar tentu tetap bisa bikin nyaman ya, Bunda. Meski dibangun dengan kapasitas ruangan yang terbatas, tentu tak menjadi penghalang untuk menata ruangan agar terasa nyaman dengan desain elegan. Misalnya, ruang keluarga.

"Minimalis bagi saya adalah menjaga ruang tetap sederhana, tidak berantakan, dan menonjolkan arsitektur ruang yang menarik," kata desainer di B Interior LLC, Sharon Blaustein, dikutip dari Decor.

Nah, kalau Bunda merasa ruang keluarga terasa sempit dan perlu dibenahi, yuk lihat 7 cara berikut untuk mempermudah Bunda menata ruang keluarga sempit di rumah minimalis, dikutip dari The Spruce.


1. Gunakan palet warna monokrom

Ruang keluarga rumah minimalis sangat cocok dengan warna monokrom hitam putih nih, Bunda. Selain terkesan elegan dan tampak luas, warna monokrom juga dipercaya mampu mempertahankan keaslian tema sederhana dari rumah minimalis lho.

Tapi, kurang cocok rasanya bila hanya mengecat dinding saja ya, Bunda. Sebaiknya Bunda tambahkan juga ornamen cantik lainnya seperti permadani berukuran kecil, hiasan dinding, dan tanaman hias agar suasana ruang keluarga tampak lebih hidup.

2. Buat desain sederhana nan elegan

Kalau Bunda menginginkan desain ruang keluarga yang sederhana tapi tampak elegan, cukup gunakan permadani, meja marmer, dan tanaman hias. Meskipun furnitur sedikit, jika pilihannya tepat maka bisa terkesan mewah.

Sejatinya, kemewahan tak melulu tentang harga barang yang mahal ya, Bunda. Tapi, bisa memanfaatkan barang bekas yang masih bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran.

3. Gunakan sofa berbentuk unik

Meskipun ukuran ruang keluarga rumah minimalis Bunda terasa sempit, tetap bisa dieksplorasi kok. Salah satunya dengan sofa berbentuk L yang bisa membuat ruang keluarga terasa nyaman.

Selain itu, Bunda bisa menambahkan hiasan lainnya, seperti tanaman hias dan permadani yang bisa menambah nilai estetika. Tapi jangan sampai berlebihan ya, Bunda.

4. Permainan warna

Merombak ruang keluarga agar terlihat indah perlu dipertimbangkan kalau dirasa sudah tak nyaman lagi. Bunda dapat memulainya dengan mengimajinasikan pola warna yang tepat agar tercipta ruang keluarga yang luas, elegan, dan memikat mata.

Misalnya, perpaduan cat dinding berwarna abu-abu yang memberikan kesan santai dan cantik. Lalu beri pajangan di dinding dengan warna berbeda. Pemilihan warna karpet juga harus diseragamkan dengan dominasi warna dinding ya, Bunda.

5. Ganti pajangan dengan tanaman hias

Tanaman hias di dalam rumah tak hanya berfungsi sebagai dekorasi, tapi juga mampu membuat ruang keluarga jadi lebih nyaman dan asri. Bunda bisa menambahkan tanaman hias indoor.

Misalnya saja tanaman hias aglaonema dan lidah mertua yang bisa membantu membersihkan polusi udara. Ukurannya pilih saja yang tidak terlalu besar, lalu letakkan di pot. Sehingga bisa juga dipajang di atas meja.

6. Gunakan cat berwarna mencolok pada satu sisi dinding

Kalau ruang keluarga berbentuk persegi, Bunda dapat mengecat satu sisi dinding berwarna mencolok. Misalnya warna kuning di satu sisi, dan putih untuk sisi lainnya.

Perpaduan ini akan membuat suasana rumah menjadi lebih berwarna dan terasa luas lho. Selain itu, mampu pula menciptakan suasana yang sederhana namun tetap menarik perhatian.

7. Kombinasikan warna dinding putih dengan perabotan warna-warni

Jika ruang keluarga rumah minimalis berukuran sempit, Bunda bisa mengecat dinding berwarna putih, lalu padukan dengan perabotan berwarna-warni.

Mulai dari sofa, meja, sarung bantal, dan pernak-pernik lainnya, pilih dengan warna beragam yang cerah. Warna cerah disebut-sebut mampu membangkitkan semangat dan perasaan bahagia lho, Bunda.

Simak juga video rumah minimalis 4 lantai:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi