sign up SIGN UP search


moms-life

5 Sifat Istri yang Bisa Bikin Pernikahan Langgeng

Kinan Rabu, 16 Sep 2020 12:58 WIB
Loving husband comfort upset offended wife, caressing and hugging her from behind, caring man make peace and reconcile with lover, show support, couple in fight overcome family problems together caption
Jakarta -

Dalam menjalani hubungan pernikahan, diperlukan kombinasi sifat yang saling menjaga antara suami dan istri. Nah, khusus istri, apa saja ya sifat yang dipercaya bisa bikin pernikahan langgeng?

Dikutip dari The Oprah Magazine, salah satunya yakni dengan menerima kekurangan pasangan alias tidak banyak menuntut sesuai ekspektasi.

"Untuk memiliki pernikahan yang bahagia, pasangan suami istri harus bisa menerima kekuatan dan kelemahan masing-masing. Realistis dan tidak menuntut berlebihan," ujar konsultan Ellen Chute, LMSW.


1. Jujur

Jujur menjadi salah satu sifat istri yang sebaiknya dimiliki demi pernikahan langgeng. Ini berarti mau terbuka secara komunikasi danĀ tidak gengsi mengakui kesalahan.

Ingat ya, Bunda, setelah menikah sebaiknya tidak ada hal yang ditutup-tutupi dari suami. Termasuk untuk urusan pola asuh anak, keuangan hingga masalah dengan anggota keluarga lain.

2. Mau menerima kekurangan suami

Seperti disebutkan sebelumnya, menerima kekurangan suami juga menjadi sifat yang membuat pernikahan langgeng, lho. Hindari memiliki ekspektasi berlebihan dan menuntut suami untuk bisa mencapainya. Ini justru bisa menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga.

"Saat mau membantu pasangan mengoptimalkan potensi yang ada, di situlah kesejahteraan dan kekuatan pernikahan semakin kuat," ungkap penulis buku Happy Together, Suzann Pileggi Pawelski dan suaminya, James Pawelski, PhD.

3. Berani meminta maaf

Meminta maaf memang penting dalam sebuah hubungan. Salah satu masalah yang kerap memicu pertengkaran dalam rumah tangga yakni tidak mau mengakui kesalahan dan meminta maaf.

Nah, jika Bunda termasuk memiliki sifat yang tidak malu meminta maaf duluan saat ada masalah, maka ini termasuk bisa membuat pernikahan tetap langgeng.

4. Mandiri

Mandiri berarti selalu berupaya untuk mencoba melakukan berbagai hal baru sendiri, serta tidak mau bergantung berlebihan pada orang lain. Selain melatih mental, sifat mandiri juga umumnya membuat seseorang lebih bijaksana dalam mengambil keputusan penting.

5. Setia

Kesetiaan pun mutlak menjadi salah satu sifat yang penting dimiliki demi pernikahan langgeng. Ini berarti menghargai makna dari pernikahan dan janji suci itu sendiri. Batasi pergaulan dengan teman lawan jenis dan hargai keberadaan suami saat sedang berada di tempat umum.

Nah, mana sifat yang sudah Bunda miliki sampai saat ini?

Simak juga video tips pernikahan langgeng Dewi Gita dan Armand Maulana:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi