sign up SIGN UP search


moms-life

8 Tips Pernikahan Langgeng Jauh dari Drama yang Perlu Bunda Pahami

Arina Yulistara   |   Haibunda Sabtu, 24 Oct 2020 20:04 WIB
Beautiful young wife texting with lover on smartphone while husband is sleeping caption

Setiap pasangan suami istri (pasutri) tentu ingin pernikahan langgeng dan bahagia. Bunda perlu paham beberapa hal yang membuat pernikahan langgeng jauh dari drama.

Siapa pasutri yang tidak ingin memiliki pernikahan langgeng sampai kakek-nenek? Semua tentu menginginkannya, tapi sebagian tidak berjalan lancar. Bahkan tak sedikit pernikahan yang berujung perceraian.

Jangan sampai seperti itu ya, Bunda. Yuk miliki pernikahan langgeng dan bahagia tanpa banyak drama di dalamnya. Berikut tips pernikahan langgeng jauh dari drama yang wajib Bunda pahami.


1. Jangan Lupa 3 Kata Ini

Tips pernikahan langgeng/iStock
Tips pernikahan langgeng/iStock

Salah satu tips pernikahan langgeng adalah tidak melupakan tiga kata ini, ‘tolong’, ‘terima kasih’, dan ‘maaf’. Jika meminta bantuan jangan pernah lupa tambahkan kata ‘tolong’ agar tidak terkesan memerintah, tapi memang Bunda butuh suami.

Ucapkan ‘terima kasih’ setelah dibantu oleh suami sebagai wujud rasa syukur karena dia selalu ada untuk Bunda. Jangan ragu untuk meminta maaf lebih dulu saat merasa salah, Bunda. 

Dilansir Your Tango, terkadang setelah menikah pasutri melupakan tiga kata tersebut karena merasa sudah tak ada batasan. Namun kesopanan tetap perlu diterapkan Bunda untuk bisa menghormati satu sama lain.

2. Temukan Hobi Bersama

Tips pernikahan langgeng/iStock
Tips pernikahan langgeng/iStock

Tips pernikahan langgeng selanjutnya, temukan hobi bersama. Mungkin Bunda dan suami sudah mempunyai hobi masing-masing, coba cari kegiatan yang disukai berdua. 

Jadi, ada sesekali waktu untuk melakukan kegiatan tersebut secara rutin. Ini bisa menjadi bumbu yang membuat pernikahan langgeng dan harmonis.

3. Berdebat dengan Tepat

Tips pernikahan langgeng/iStockTips pernikahan langgeng/iStock

Apa maksud berdebat dengan tepat? Tips pernikahan langgeng lainnya Bunda perlu paham cara berdebat yang tepat dengan suami. 

Untuk menghasilkan argumen yang baik, ingat aturan ini; jangan panggil nama suami. Ketika segala sesuatunya semakin memburuk sebaiknya berhenti dan tenangkan emosi lebih dulu. Jangan pula memulai diskusi saat sedang marah. 

4. Kompromi

Tips pernikahan langgeng/iStock
Tips pernikahan langgeng/iStock

Semua perlu dikompromikan setelah menikah, Bunda. Ini menjadi tips pernikahan langgeng dan bahagia. Hal-hal sepele seperti menemaninya nonton televisi atau memberikan me time juga perlu dikompromikan. Jangan sampai ada perasaan kurang nyaman satu sama lain dalam waktu lama. 

5. Tangani Semua Bersama

Tips pernikahan langgeng/iStock
Tips pernikahan langgeng/iStock

Berada dalam satu pernikahan pada dasarnya berarti Bunda telah melakukan merger. Bunda tak hanya bergabung dengan asetnya tapi juga mewarisi masalah suami. 

Daripada memandang semua masalah karena suami, lebih baik tangani bersama-sama. Misalnya saja, Bunda melihat suami sudah terlalu gemuk dan tidak baik untuk kesehatan. Dibanding menyuruhnya berolahraga sendiri, Bunda juga perlu menemaninya agar suami semangat dan sama-sama sehat.

6. Jarak Membuat Hati Semakin Dekat

Tips pernikahan langgeng/iStock
Tips pernikahan langgeng/iStock

Tips pernikahan langgeng yang satu ini mungkin tak disukai oleh si posesif. Coba lebih dipahami, Bunda. Menikah bukan berarti setiap saat bersama-sama. Ada waktu di mana Bunda dan suami perlu berjarak.

Jarak ternyata bisa membuat hati semakin dekat, Bunda. Tetaplah bergaul dan sesekali bersenang-senang tanpa suami. Tak hanya membuat Bunda semakin merindukannya tapi juga menjaga otak tetap waras. 

7.  Komunikasi Secara Terbuka

Tips pernikahan langgeng/iStock
Tips pernikahan langgeng/iStock

Klise tapi itulah yang harus dilakukan pasutri jika ingin pernikahan langgeng. Komunikasi harus terbuka mengenai segala hal. 

Uang, agama, kesetiaan, cara membesarkan anak, mungkin bukan topik menyenangkan. Namun Bunda perlu mengomunikasikannya sejak dini bersama suami.

8. Temukan Kebiasaan Berdua

Tips pernikahan langgeng/iStock
Tips pernikahan langgeng/iStock

Jangan lupa temukan kebiasaan berdua dan selalu menerapkannya sesuai kesepakatan. Ini menjadi tips pernikahan langgeng dan harmonis. 

Temukan ritual seperti berciuman sebelum tidur, ingin begadang setiap sebulan sekali, atau melakukan hubungan seks minimal seminggu sekali kecuali sedang haid. Pilih sesuatu yang membuat kalian semakin intim dan bisa menaatinya, bahkan saat tergoda untuk melewati kegiatan tersebut.

Simak juga video tips pernikahan langgeng ala Lula Kamal:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!