sign up SIGN UP search


moms-life

Niat Beli Tanaman Hias Aglaonema, Pria Ini Tertipu Ratusan Ribu

Siti Hafadzoh & Siti Hafadzoh Sabtu, 12 Sep 2020 04:00 WIB
Aglaonema  or Chinese Erergreen in wicker baskets caption
Jakarta -

Tanaman hias sekarang tengah ramai peminat. Di balik banyaknya peminat tanaman hias, ada saja orang yang memanfaatkan tren ini untuk menipu, Bunda.

Seorang bernama Heri melaporkan kasus penipuan jual beli tanaman hias. Ia melapor ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim pada Selasa (8/9/2020).

Heri menjelaskan, ia menjadi korban penipuan tanaman hias di akun Facebook bernama Ploris Cica. Akun tersebut masuk ke grup-grup jual beli tanaman hias.


Pemilik Ploris Cica menawarkan tunas tanaman hias aglaonema lotus delight melalui WhatsApp 081222930626. Penjual menawarkan harga yang bervariasi, mulai dari Rp350 ribu hingga Rp500 ribu.

Heri sepakat membeli tanaman hias tersebut seharga Rp350 ribu. Ia kemudian mentransfer uang ke rekening atas nama Dina Noviyanti Pratama pada 5 September.

Namun, sampai 8 September, tanaman hias yang dipesan Heri tidak juga datang. Ketika ditanya soal pengiriman, penjual selalu mencari-cari alasan.

"Saya tertarik untuk mengungkap kejahatan yang meresahkan masyarakat ini, sebab sepertinya sudah banyak yang menjadi korban namun tidak melaporkan ke polisi karena berbagai alasan," kata Heri dikutip dari detikcom.

Akhirnya, pada Rabu (9/9/2020), Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri berhasil berhasil meringkus salah satu penipu jual beli tanaman hias online itu. Ia ditangkap di wilayah Subang, Jawa Barat jam 10 malam.

"Telah dilakukan penangkapan tersangka atas nama Indra Nugraha terkait kasus penipuan jual beli tanaman hias mengatasnamakan akun Facebook Ploris Cica," kata Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit.

Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menyita sejumlah barang bukti dari tersangka. Termasuk sebuah ponsel yang dipakai untuk menjebak calon korban.

Jadi, Bunda perlu lebih berhati-hati ya ketika membeli tanaman hias online. Jangan sampai tertipu oleh penjual yang nakal seperti ini.

Lihat juga video tentang tanaman hias termahal di dunia berikut ini yuk, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi