sign up SIGN UP search


moms-life

5 Skincare Alami untuk Atasi Kulit Kusam Sesuai Penyebabnya

Arina Yulistara Selasa, 15 Sep 2020 16:32 WIB
Suntan lotion. Woman applying sunscreen solar cream on face. Beautiful happy cute girl puts suntan cream from plastic container bottle on her nose and cheecks. Skincare concept. Female in straw hat and bikini on beach. Skincare alami untuk atasi kulit kusam sesuai penyebabnya/Foto: iStock
Jakarta -

Merasa kulit wajah belakangan tampak kusam? Yuk cari tahu skincare alami seperti apa untuk atasi kulit kusam. Namun sebelum mengatasinya, Bunda perlu tahu lebih dulu apa faktor penyebab kulit wajah menjadi kusam ya.

Nah, skincare alami untuk kulit kusam bisa beraneka ragam tergantung penyebabnya, bisa karena sinar matahari hingga stres. Berikut deretan skincare alami untuk kulit kusam sesuai penyebabnya.

1. Sel Kulit Mati

Apa kulit terlihat kusam karena sel kulit mati menumpuk? Jika wajah jarang dirawat atau sering terkena debu dan polusi udara, bisa memungkinkan menumpuknya sel kulit mati.


"Kita melepaskan jutaan sel kulit setiap hari. Ketika selalu melakukan sesuatu secara rutin untuk menghilangkan sel kulit mati maka bisa terlepas secara alami," ujar Mona Gohara, selaku associate clinical professor of dermatology at Yale School of Medicine dikutip dari Allure

Solusi skincare alami untuk atasi kulit kusam karena sel kulit mati:

Lakukan eksfoliasi dengan lembut pada wajah secara rutin sekali atau dua kali seminggu. Pilih scrub menggunakan gula atau minyak jojoba yang lembut, terutama buat kulit sensitif.

Tidak lupa menggunakan produk yang mengandung alpha dan beta hydroxy acid untuk mengangkat sel kulit mati. Cari formula yang mengandung bahan penenang seperti lidah buaya atau teh hijau untuk meminimalkan iritasi.

2. Stres

Penyebab kulit wajah menjadi kusam salah satunya karena stres, Bunda. Stres karena deadline pekerjaan, pertengkaran, atau tidur malam yang buruk membuatmu sedikit gelisah.

Apa pun bentuk stres hasilnya bisa buruk. "Kadar kortisol naik, aliran darah ke organ vital bukan wajah sehingga kulit tampak pucat," jelas Gohara.

Solusi skincare alami untuk atasi kulit kusam karena stres:

Bunda disarankan untuk rileks demi bisa meningkatkan kadar kortisol. Coba sambil memijat wajah saat membersihkan dan memberikan pelembap, Bunda.

"Ini cara bagus untuk menstimulasi aliran darah yang akan menambahkan kesan berkilau dan mengencangkan kulit," kata Gohara lagi.

3. Dehidrasi

Tanpa kelembapan, kulit akan terlihat kusam. Namun faktanya, masalah lebih dari yang Bunda sadari.

"Hilangnya hidrasi dari bawah permukaan kulit (dermis dan bagian bawah epidermis) dapat menyebabkan penurunan ketebalan kulit," jelas Joshua Zeichner, director of cosmetic and clinical research in dermatology di Mount Sinai Hospital, New York, Amerika Serikat.

Solusi skincare alami untuk atasi kulit kusam karena dehidrasi:

Tepuk-tepuk saat menggunakan serum yang mengandung asam hialuronat dengan jari-jari untuk mendorong kelembapan jauh ke dalam kulit.

4. Sinar matahari

Sinar matahari memang bisa membuat kulit terlihat kusam, Bunda. Oleh sebab itu, perlu mengatasinya menggunakan skincare alami untuk kulit kusam.

Sinar matahari memang bisa menyebabkan flek karena hiperpigmentasi. Kerusakan akibat sinar matahari juga menjadi penyebab utama kolagen melemah sehingga kulit terlihat kendur serta kusam.

Solusi skincare alami untuk atasi kulit kusam karena sinar matahari:

Pakai tabir surya, Bunda. Tidak ada perawatan lain yang efektif jika Bunda lupa menggunakan tabir surya setiap berpergian ke luar rumah. 

Tidak lupa memakai produk yang mengandung retinol setiap malam. Ini bisa membantu melindungi kolagen yang ada agar tidak rusak dan membantu lebih banyak protein struktural.

Jangan lupa menambahkan penggunaan serum atau krim malam untuk membantu memudarkan flek hitam.

5. Hormon

Kadar hormon berfluktuasi karena masa pubertas, menopause, obat, atau hal lain, yang tentu bisa memengaruhi penampilan kulit. Lihat saja apa yang terjadi ketika estrogen menurun, meninggalkan proporsi testosteron yang tinggi?

Kulit bisa menjadi lebih berminyak dan kusam. Lalu bagaimana dengan skincare alami untuk kulit kusam karena hormon?

Solusi skincare alami untuk atasi kulit kusam karena hormon:

Masker wajah menjadi pilihan skincare terbaik untuk mengatasi kulit kusam karena faktor hormon. Rutin menggunakan masker wajah bisa membantu menghilangkan minyak berlebih dari kulit.

Jika belum cukup, mungkin Bunda perlu datang ke dokter. Beberapa dokter akan memberikan obat atau tindakan yang sesuai kebutuhan kulit.

Simak juga video rahasia cantik Lula Kamal di usia 50 tahun:

[Gambas:Video Haibunda]



(kuy/kuy)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi